Ilustrasi. Medcom.id/Octavinus Dwi Sutrisno
Ilustrasi. Medcom.id/Octavinus Dwi Sutrisno

Stasiun Bekasi Akan Diperluas

Nasional kereta api krl
Antonio • 26 November 2019 13:02
Bekasi: Kementerian Perhubungan mulai mempersiapkan revitalisasi Stasiun Bekasi di Jalan Ir. H. Juanda, Kota Bekasi, Jawa Barat. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kapasitas angkutan kereta api.
 
Kepala Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Supandi, mengatakan pembangunan Stasiun Bekasi merupakan bagian dari proyek pembangunan Double-Double Track (DDT) Manggarai Cikarang sesuai masterplan Kereta Api jabotabek.
 
"November ini sudah mulai persiapan pembangunan karena sudah kontrak dengan pemenang lelang. Target selesai Desember 2021," kata Supandi saat dihubungi Medcom.id, Selasa, 26 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Supandi menjelaskan terdapat beberapa pengembangan Stasiun Bekasi pada revitalisasi tersebut, yakni penambahan peron dari dua menjadi empat dan akan dilakukan penambahan panjang peron dari sebelumnya 240 meter menjadi 300 meter.
 
Kemudian penambahan jalur dari dua jalur commuter line (CL) dan dua jalur mainline menjadi tiga jalur CL dan tiga jalur kereta api (KA) jarak jauh. "Satu jalur dipakai bersama antara CL dan KA Jarak Jauh, serta 1 stabling CL," jelas Supandi.
 
Supandi mengatakan selain bangunan juga akan dilakukan perluasan lahan dari 1.515 meter persegi menjadi 3.600 meter persegi. Lalu ketersediaan area parkir menjadi 2.800 meter persegi untuk wilayah selatan dan 4.400 meter persegi di utara.
 
Menurut Supandi bangunan Stasiun Bekasi juga akan menjadi dua lantai. Nantinya bangunan itu akan dilengkapi dengan 12 unit eskalator dan enam unit passenger lift difabel. Supandi berharap pembangunan tersebut dapat membuat pelayanan dan keselamatan kereta api meningkat.
 
"Masing-masing dua unit ruang," pungkas Supandi.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif