Ilustrasi/Medcom.id.
Ilustrasi/Medcom.id.

Biaya Pelantikan Anggota DPRD Depok Rp600 Juta

Nasional dprd pemerintah daerah depok
Octavianus Dwi Sutrisno • 02 September 2019 23:31
Depok: Sebanyak 50 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Depok terpilih bakal dilantik Selasa, 3 September 2019. Anggaran pelantikan menelan Rp600 Juta, salah satunya untuk membiayai penginapan.
 
Sekretaris Dewan DPRD Kota Depok, Zamrowi, mengatakan biaya tersebut untuk pembuatan jas anggota dewan dan panitia. Begitu juga untuk biaya konsumsi.
 
"Kemudian papan nama untuk masing-masing dewan, terus pin warna emas, sewa tenda, kursi, kemudian macam-macam," kata Zamrowi, Senin, 2 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terkait penginapan hotel untuk anggota DPRD, Zamrowi mengatakan hal itu bersifat protokoler yang diberikan oleh Sekwan untu anggota dewan terpilih.
 
"Bukan hanya tidur tapi banyak item di dalamnya.Yang pertama itu kan ada dewan lama (incumbent) dan dewan baru. Malam itu kami diharapkan muncul keakraban," kata Zamrowi.
 
Sementara itu, Ketua DPRD Kota Depok Hendrik Tangke Allo angkat bicara terkait anggaran Rp600 juta untuk biaya pelantikan anggota DPRD Kota Depok terpilih.
 
Dirinya menyayangkan apabila dana yang diperoleh dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) digelontorkan dalam jumlah yang cukup besar hanya untuk sebuah seremoni.
 
“Proses pelantikan ini cukup dilakukan secara sederhana, sidang paripurna biasa tidak menghambur-hamburkan APBD,” kata Hendrik, Senin, 2 Agustus 2019.
 
Sebaiknya, kata Hendrik dana tersebut digunakan untuk kepentingan umum seperti mendukung program kesejahteraan, yang dinilainya akan berdampak luas bagi masyarakat terutama di Kota Depok.
 
"Rp 600 juta itu kalau kita bangun jalan baru bisa berapa kilo atau dikasih untuk biaya sekolah, pendidikan,” tegasnya.
 
Pria yang berhasil untuk kedua kalinya, duduk di kursi Ketua DPRD Depok ini menginstruksikan kepada seluruh fraksinya untuk tidak menggunakan fasilitas penginapan tersebut.
 
"Poinnya hanya satu, anggaran untuk fasilitas pelantikan terlalu besar. Kami fraksi PDI Perjuangan besok tidak akan mengambil fasilitas penginapan di hotel Margocity yang dikarantina bagi anggota dewan terpilih. Tapi sekadar untuk ngumpul jalan dari sana, atau star bareng-bareng menjadi bagian dari pelantikan tidak masalah," paparnya.
 
Hendrik menerangkan saat prosesi pelantikan anggota DPRD sebelumnya para anggota terpilih tidak ada yang menginap. Namun, diakuinya mereka berkumpul dan berangkat ke lokasi pelantikan bersama.
 
"Kalau tahun lalu saya lupa berapa anggarannya. Tapi tahun lalu pun kami tidak menginap. Kami hanya datang pagi kumpul ikut protokolernya kemudian berangkat sama-sama karena ada upacara," pungkasnya.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif