Para petugas TNI ikut dalam pencarian korban gempa di Sulbar, Jumat,(15/1/2021).ANTARA/HO/Humas Pemprov Sulsel
Para petugas TNI ikut dalam pencarian korban gempa di Sulbar, Jumat,(15/1/2021).ANTARA/HO/Humas Pemprov Sulsel

Sulsel Siap Tampung Korban Gempa Sulbar

Nasional Gempa Bumi bencana alam
Antara • 15 Januari 2021 20:04
Makassar: Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengatakan siap membantu masyarakat Sulawesi Barat (Sulbar) yang terkena dampak gempa untuk ditampung di Kota Makassar.
 
"Kalau ada yang harus kita evakuasi ke Makassar, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sudah menyiapkan tempat, baik untuk penampungan maupun untuk perawatan," kata Nurdin, Jumat, 15 Januari 2021.
 
Menurut dia, sebagai saudara terdekat merasa terpanggil untuk turun langsung melihat keadaan masyarakat Sulbar yang terkena dampak gempa. Selain itu, Sulbar juga merupakan wilayah Kodam 14 Hasanuddin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami bersama Bapak Panglima Kodam 14 Hasanuddin dengan Pak Kapolda dari tadi pagi telah menerima berita gempa di Sulbar," ujarnya.
 
Baca juga: Gubernur Sulsel, Pangdam, dan Kapolda Pantau Dampak Gempa dari Udara
 
"Perintah dari Pak Danrem untuk memberikan langkah-langkah penyelamatan dan kami juga sebelum berangkat sudah menyediakan beberapa logistik yang dibawa oleh kapal angkatan laut dan juga tim medis palang merah," lanjut dia.
 
Apalagi, kata Nurdin, selain kebutuhan sembako yang paling penting saat ini adalah tempat penampungan bagi pengungsi. Terutama bagi masyarakat yang tinggal di pesisir pantai.
 
"Jujur setelah kita ada di sini melihat berbagai situasi yang ada, memang yang pertama yang sangat dibutuhkan adalah tempat penampungan, karena bagaimanapun juga BMKG memprediksi ada beberapa gempa susulan yang lebih besar dan kemungkinan akan diikuti oleh tsunami," ungkapnya.
 
Nurdin berharap, masyarakat yang berada di pesisir supaya mengosongkan rumah.
 
"Hari ini juga Pak Doni Monardo (Kepala BNPB) ada di sini bersama Ibu Menteri Sosial (Tri Rismaharini). Mudah-mudahan ini akan meringankan cobaan masyarakat Sulbar yang terkena dampak gempa," kata dia.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif