Longsor sebagian badan jalan lintas Kabupaten Bener Meriah dan Kabupaten Aceh Utara, Aceh. (Foto: Dokumentasi BPBA)
Longsor sebagian badan jalan lintas Kabupaten Bener Meriah dan Kabupaten Aceh Utara, Aceh. (Foto: Dokumentasi BPBA)

Jalan Lintas Kabupaten Bener Meriah-Aceh Utara Tertutup Longsor

Nasional banjir tanah longsor bencana alam bencana banjir
Fajri Fatmawati • 14 Januari 2021 14:59
Banda Aceh: Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Utara, Aceh, mengakibatkan longsor, sehingga menutupi sebagian badan jalan lintas kabupaten.
 
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas, mengatakan longsor terjadi pada pukul 07.15 WIB, Kamis, 14 Januari 2021.
 
"Akibat hujan dengan intensitas tinggi, terjadi longsor hingga menutupi sebagian badan jalan lintas Kabupaten Bener Meriah dan Kabupaten Aceh Utara tepatnya di Desa Bukit, Kecamatan Panji Mulia," kata Ilyas, Kamis, 14 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Badan Penanggulangan Bencna Daerah (BPBD) Kabupaten Bener Meriah telah melakukan pembersihan tanah longsor dan jalan sudah bisa dilalui kembali sejak pukul 10.10 WIB.
 
"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini dan longsor tidak mengganggu arus lalu lintas sehingga kendaraan roda dua dan roda empat masih bisa melewati jalan tersebut," ujarnya.
 
Baca juga: Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Majene
 
Sementara itu, Koordinator Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh, Zakaria, mengungkapkan pihaknya mengeluarkan peringatan dini cuaca pada 14 Januari 2021, pukul 13.30 WIB, berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.
 
"Yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada pukul 14.00 WIB di wilayah Aceh Timur, Aceh Utara, dan sekitarnya," ujar dia.
 
Hujan derasa diprediksi meluas ke wilayah Langsa, Aceh Tamiang, Lhokseumawe, Bireun, Bener Meriah, Aceh Tengah, Pidie Jaya, Pidie, Aceh Besar, Banda Aceh, Sabang, Aceh jaya, dan sekitarnya.
 
"Kondisi ini diperkirakan masih berlangsung hingga pukul 17.00 WIB," jelasnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif