Situasi gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jateng, Senin (9/5/2022) siang pada H+6 arus balik Lebaran 2022. (FOTO ANTARA/ I.C.Senjaya)
Situasi gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jateng, Senin (9/5/2022) siang pada H+6 arus balik Lebaran 2022. (FOTO ANTARA/ I.C.Senjaya)

784.663 Kendaraan Tinggalkan Jateng, Lebih Banyak dari Arus Mudik

Nasional Mudik Lebaran arus balik Idulfitri 1439 H jawa tengah Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Mustholih • 10 Mei 2022 15:56
Semarang: Kepolisian Daerah Jawa Tengah mencatat sebanyak 784.663  kendaraan meninggalkan Jawa Tengah pada arus balik Lebaran 2022. Jumlah ini sedikit lebih banyak dari total kendaraan yang masuk Jawa Tengah pada arus mudik Lebaran yang mencapai 753.345 kendaraan.
 
"Artinya, ada selisih 31.318 unit kendaraan yang sudah tinggalkan Jateng," kata Kepala Polda Jawa Tengah, Inspektur Jenderal Ahmad Luthfi, di gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 10 Mei 2022.
 
Baca: AP II Catat 3,4 Juta Penumpang Naik Pesawat di Arus Mudik dan Balik

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Luhfi lebih banyaknya kendaraan yang keluar Jateng disebabkan durasi arus balik yang pendek. Luthfi mengatakan operasi pengamanan arus mudik dan arus balik di Jawa Tengah dinyatakan berakhir hari ini.
 
Meski begitu Polda Jawa Tengah tidak serta merta membubarkan pos pengamanan yang didirikan untuk arus mudik dan arus balik Lebaran Idulfitri.
 
"Dari seluruh jajaran akan dievaluasi mana-mana pospam yang dipertahankan dan mana-mana pospam yang kita selesaikan. Artinya KKYD kita gunakan untuk orientasi arus balik dan harkamtimas lain," jelas Luthfi.
 
Luthfi menambahkan pos pengamanan yang bakal dipertahankan, yakni pospam pariwisata yang digunakan meng-cover masyarakat yang masih berlibur dan pospam di rest area yang jadi pintu masuk kegiatan Polda Jateng. "Pospam-pospam lain akan kita bubarkan," ungkap Luthfi.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif