Ilustrasi mudik/Media Indonesia/Ramdani
Ilustrasi mudik/Media Indonesia/Ramdani

7,2 Juta Kendaraan Keluar Masuk Solo Selama Lebaran 2022

Nasional Mudik Lebaran arus balik Idulfitri 1439 H Kota Solo Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Triawati Prihatsari • 10 Mei 2022 19:13
Solo: Sebanyak 7,2 juta kendaraan tercatat keluar masuk Kota Solo, Jawa Tengah, selama periode Masa Angkutan Lebaran 2022. Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Solo, Ari wibowo, mengatakan jumlah tersebut didominasi kendaraan jenis sepeda motor.
 
"Arus lalu lintas yang tercatat di Data Traffic Count Dishub Solo, ada tujuh juta kendaraan keluar masuk Kota Solo hingga H-6 atau Senin, 9 Mei 2022. Dan jika prediksi kendaraan keluar masuk 7,4 juta hingga H+7 kami yakin terlampaui karena hingga kemarin sudah 7,2 juta kendaraan," kata Ari di Solo, Selasa, 10 Mei 2022.
 
Baca: DAOP I Jakarta Kedatangan 38 Ribu Penumpang Hari Ini

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan kendaraan roda dua mendominasi dengan pergerakan hingga 65 persen setara 4,6 juta kendaraan. Kemudian disusul oleh kendaraan ringan seperti mobil dan sejenisnya dengan 30 persen setara 2,1 juta kendaraan, serta sisanya kendaraan berat.
 
Terkait jenis kendaraan yang mendominasi keluar masuk Solo tersebut, berdampak pada ketermanfaatan Rest Area yang cukup tinggi sepanjang Masa Angkutan Lebaran yaitu 20 kali pemudik yang memanfaatkan fasilitas tersebut.
 
"Mayoritas pemudik istirahat karena lelah perjalanan dan mengantuk. Serta mengingat bahwa Kota Solo ini memang masuk point lelah bagi pelaku perjalanan jauh seperti pelaku pejalanan dari Jawa Barat ke Jawa Timur atau sebaliknya," jelas Ari.
 
Sementara sejumlah titik kepadatan terlihat terutama di pintu masuk kota, simpang sebidang kereta api, lokasi wisata, kuliner, dan hiburan yang ada di Solo. Kepadatan tersebut menjadi bahan evaluasi untuk menyusun pengaturan pada Masa Angkutan Lebaran ke depannya.
 
"Ini menjadi bahan evaluasi ke depan. Untuk lokasi-lokasi padat harus disiapkan dengan lebih baik. Soal kebutuhan rest area sejauh ini ketermanfaatannya cukup baik, mungkin bisa jadi pertimbangan untuk kita tambah di tahun depan," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif