Ilustrasi--Layanan drive thru cetak KTP bertempat di Kantor Kecamatan Kotagede Yogyakarta (7/10/21) (ANTARA/Eka AR)
Ilustrasi--Layanan drive thru cetak KTP bertempat di Kantor Kecamatan Kotagede Yogyakarta (7/10/21) (ANTARA/Eka AR)

Lantatur Cetak KTP di Yogyakarta Disetop Sementara

Antara • 07 April 2022 09:55
Yogyakarta: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta menghentikan sementara layanan drive thru cetak KTP elektronik selama Ramadan dan akan membuka kembali layanan tersebut usai Lebaran.
 
"Selama bulan puasa dihentikan sementara. Tetapi masyarakat masih bisa mengakses layanan melalui Mal Pelayanan Publik (MPP)," kata Kepala Bidang Pelayanan Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta Bram Prasetyo di Yogyakarta, Kamis, 7 April 2022.
 
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta membuka layanan drive thru pencetakan KTP di kecamatan untuk memudahkan masyarakat mengakses layanan dokumen kependudukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Layanan dilakukan secara bergantian di berbagai kantor kecamatan dengan periode waktu tertentu. Layanan hanya dikhususkan untuk mencetak kembali KTP yang hilang atau rusak dan tidak ada layanan untuk perekaman data kependudukan.
 
Baca juga: 288 ODGJ di Surabaya Ikut Perekaman KTP-el
 
Usai Lebaran, layanan drive thru cetak KTP akan dibuka di kantor Kecamatan Wirobrajan dengan durasi layanan selama sekitar dua bulan dan akan bergeser ke kecamatan lain.
 
Layanan pencetakan tetap akan dibuka dua kali dalam sepekan yaitu pada Selasa dan Kamis.
 
Sedangkan layanan perekaman dan pencetakan KTP di MPP juga mengalami penyesuaian selama bulan puasa. Pada Senin-Kamis, layanan di rekam dan cetak KTP dibuka pukul 08.00-11.00 WIB dan pada Jumat dibuka hingga pukul 10.00 WIB.
 
Selain melalui MPP, layanan pencetakan KTP juga bisa diakses melalui mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang saat ini tersebar di tiga lokasi yaitu di MPP, kantor Kecamatan Mergangsan, dan kantor Kecamatan Jetis.
 
“Masyarakat dapat mencetak sendiri dokumen kependudukan yang dibutuhkan. Termasuk KTP, KIA, akta kelahiran, akta kematian. Cukup masukan pin yang sudah diperoleh untuk mengakses layanan tersebut,” katanya.
 
Ia berharap, meskipun layanan drive thru dihentikan sementara namun masyarakat tetap dapat memperoleh dokumen kependudukan yang dibutuhkan dengan cara lain yang juga mudah dan cepat.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif