Sungai Cirarab yang melintasi Desa Pisangan Jaya, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang memunculkan aroma bau yang diduga berasal dari salah satu limbah pabrik oli di daerah itu. ANTARA/Azmi
Sungai Cirarab yang melintasi Desa Pisangan Jaya, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang memunculkan aroma bau yang diduga berasal dari salah satu limbah pabrik oli di daerah itu. ANTARA/Azmi

Perusahaan Pembuang Limbah di Sungai Sepatan Diketahui

Hendrik Simorangkir • 09 Maret 2022 12:51
Tangerang: Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang, Achmad Taufik, telah mengantongi nama pabrik yang mencemari aliran sungai di Kampung Sarakan, Kecamatan Sepatan. Pihaknya tengah menyusun laporan agar segera dilakukan penyelidikan.
 
"Sudah ditemukan, kami sedang menyusun laporannya. Pengolahan oli bekas itu ada di Kecamatan Sepatan, kawasan Akong, milik PT Cheng Kai Lie," ujar Taufik, Rabu, 9 Maret 2022.
 
Taufik menuturkan pihaknya masih menunggu evaluasi yang dikeluarkan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, warga di Kampung Sarakan, Desa Pisangan Jaya, Sepatan, Kabupaten Tangerang, mengeluhkan bau menyengat dari aliran sungai di dekat wilayahnya. Aroma itu diduga dari limbah pabrik oli yang berada di daerah tersebut.
 
Baca: Puluhan Sumur Warga Pekalongan Tercemar Limbah
 
"Warga yang ngeluh itu dari Kampung Sarakan, Perumahan Peramata Sepatan, Geriya Sepatan, Kampung Bubulak, Kampung Bendungan, dan Desa Pisangan Jaya," ujar Kepala Desa Pisangan Jaya Muhamad Hotib, Jumat, 4 Maret 2022.
 
Hotib mengaku tidak bisa berbuat banyak. Dia meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang segera melakukan pengecekan terkait dugaan pencemaran limbah itu. 
 
"Berharap kalau benar (pencemaran lingkungan), Pemkab bisa menjatuhkan sanksi tegas. Memang sudah banyak sekali warga yang mengeluhkan aroma tersebut. Saya rasa aroma itu ditimbulkan dari Sungai Cirarab, kemungkinan limbahnya dibuang ke sana," jelasnya.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif