Usaha ini telah menembus pasar-pasar tradisional yang ada di Sumatra.
Usaha ini telah menembus pasar-pasar tradisional yang ada di Sumatra.

Metro Siang

Keren! Limbah Kulit Kerang Disulap Jadi Kerajinan Tangan

Nasional UMKM Pengolahan Limbah Metro Siang
MetroTV • 20 Juli 2021 18:44
Jakarta: Ibu-ibu rumah tangga di pesisir Belawan, Medan, Sumatra Utara, mengembangkan usaha kecil menengah (UKM) kerajinan tangan dengan memanfaatkan limbah kulit kerang. Usaha ini telah menembus pasar-pasar tradisional yang ada di Sumatra.
 
Warga yang umumnya adalah nelayan pencari ikan mengolah limbah kulit kerang menjadi berbagai jenis kerajinan tangan. Misalnya, tempat tisu, hiasan bunga, hingga tepak sirih yang biasa digunakan dalam acara hantaran pernikahan budaya Melayu.
 
"Saya bersama ibu-ibu muda disini mengolah bahan limbah seperti kulit kerang dan sampah Styrofoam menjadi barang yang memiliki nilai jual yang tinggi," ujar Nuraimah, perajin limbah kerang, dalam program Metro Siang di Metro TV, Selasa, 20 Juli 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berbagai jenis hasil kerajinan tangan yang dibuat merupakan pesanan yang telah masuk. Kerajinan ini telah masuk pasar tradisional di Kota Medan hingga ke sebagian besar wilayah di Sumatra.
 
“Alhamdulillah pemasaran kami sudah sampai ke Aceh dan Pekan Baru,” ujar Nuraimah.
 
Setiap kerajinan dibanderol Rp300 ribu-500 ribu. Kerajinan tangan berbahan limbah sampah dan kulit kerang ini memberikan penghasilan tambahan bagi perajin sekaligus menjaga kebersihan lingkungan. (Nabila Safarina)
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif