Relawan Mak Ganjar membuka posko dapur umum di daerah terdampak bencana longsor di Gowa, Sulsel. (Istimewa)
Relawan Mak Ganjar membuka posko dapur umum di daerah terdampak bencana longsor di Gowa, Sulsel. (Istimewa)

Relawan Buka Dapur Umum untuk Warga Terdampak Longsor di Gowa

Media Indonesia.com • 22 November 2022 04:56
Gowa: Relawan Mak Ganjar membuka dapur umum untuk masyarakat terdampak tanah longsor di Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel). Dapur umum itu digelar sejak Kamis, 17 November hingga Rabu, 20 November 2022. 
 
Relawan menyediakan makan pagi, siang dan malam. Serta memberikan makanan instan hingga menyediakan kebutuhan lainnya.
 
"Semoga dapur umum ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Parangloe," kata Korwil Mak Ganjar Sulawesi Selatan Siti Fatimah dalam keterangannya, Senin, 21 November 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fatimah mengatakan Mak Ganjar akan terus membantu masyarakat. Pihaknya memohon doa dan dukungan semua pihak agar tujuan baik itu dapat terus terwujud, serta bisa turut mengajak masyarakat untuk membantu korban bencana.
 
Bencana longsor menerjang wilayah Parangloe, Kabupaten Gowa, pada Rabu malam, 16 November 2022. Sebelum longsor, kawasan Parangloe diguyur hujan deras disertai angin kencang. 

Baca: 7 Kecamatan di Manggarai Barat NTT Rawan Longsor


Akibat bencana itu, enam orang ditemukan meninggal. Selain itu, material longsor pun menutup akses jalan menuju Malino. 
 
"Semoga Korban longsor diberikan ketabahan oleh Allah SWT dan semoga hadirnya dapur mmum Mak Ganjar ini bermanfaat untuk korban dan masyarakat," tutur Fatimah. 
 
Fatimah menuturkan gerak cepat dalam membantu sesama juga selalu dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Hal itu menjadi inspirasi relawan Mak Ganjar. 
 
Beberapa waktu sebelum musibah banjir, mak-mak di Sulsel telah mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar untuk maju dalam Pemilihan Presinden (Pilpres) 2024. Fatimah juga telah menyosialisasikan berbagai program Ganjar, salah satunya dalam hal bencana alam. 

Baca: Warga Tertimbun Longsor Gunungkidul merupakan Ibu dan Anak 


Ganjar, kata dia, menganggarkan puluhan miliar untuk pencegahan bencana dan memberikan bantuan bagi korban bencana. Ganjar juga mengajak para pelajar untuk menjadi agen pencegahan bencana melalui gerakan cinta lingkungan yang diaplikasikan dalam aktivitas sehari-hari.
 
Sementara itu, warga terdampak mengaku bersyukur atas bantuan yang diberikan Mak Ganjar Sulsel. Dapur umum itu dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat. 
 
"Sangat membantu sekali adanya dapur umum ini, terima kasih banyak Mak Ganjar. Berkah dan sukses selalu," kata salah seorang warga, Syahrul.
 
(LDS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif