Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar.
Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar.

Persib Desak Seluruh Komisaris PT LIB Diperiksa terkait Tragedi Kanjuruhan

Roni Kurniawan • 07 Oktober 2022 12:30
Bandung: Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, meminta kepolisian memeriksa jajaran Komisaris PT Liga Indonesia Baru (LIB) atas insiden di Stadion Kanjuruhan Malang, yang menelan korban jiwa 131 orang.
 
Menurut Umuh, polisi harus mengusut tuntas tragedi yang menjadi perhatian dunia atas kelalaian PT LIB. Pasalnya, lanjut dia, banyak pihak di PT LIB yang terlibat dan bertanggung jawab atas tragedi di Kanjuruhan selain Dirut PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.
 
"Ke bawahnya mereka yang melaksanakan dan yang ditugaskan juga (diperiksa). Jadi mereka (jangan) menuding salah satu nama ketua liga (Dirut PT LIB). Itu yang melaporkan (ke Dirut PT LIB) sudah beres, tidak ada masalah. Ada beberapa harus bertanggung jawab, ada komisaris," kata Umuh di Stadion Sidolig, Kota Bandung, Jumat, 7 Oktober 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Umuh menegaskan, pihak polisi dan tim investigasi harus melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan adil. Agar tragedi tersebut tidak terulang kembali akibat kelalaian kebijakan atau laporan palsu yang diberikan sebelum digelar pertandingan.
 
Baca juga: 
 
"Periksa dia (komisaris). Mudah-mudahan kepolisian tidak sampai di situ yang berkaitan diperiksa jadi adil. Saya tegaskan periksa mereka yang bertanggung jawab yang tiap ke daerah jadi tanggung jawab," imbuh Umuh.
 
Sementara itu, Umuh setuju terkait penyetopan sementara seluruh liga di Tanah Air sebagai ungkapan kepedulian atas tragedi Kanjuruhan. Bahkan Umuh meminta agar seluruh perangkat di PT LIB diganti dan membentuk manajemen baru dengan orang-orang profesional yang mengerti sepak bola.
 
"Liganya dihentikan dulu, ganti semua perangkat liga secepatnya jangan satu orang yang bertanggung jawab. Semua yang ada di situ termasuk komisarisnya. Biar aman dan jelas ganti yang profesional, yang benar mengerti sepak bola," ungkap Umuh.

 
(MEL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif