Ilustrasi. Foto: MI/Ferdian Ananda Majni.
Ilustrasi. Foto: MI/Ferdian Ananda Majni.

Tiga Kabupaten di Sumsel Rawan Karhutla

Nasional musim kemarau
Antara • 04 Juli 2019 15:50
Palembang: Tiga kabupaten di Sumatera Selatan, yakni Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, dan Musi Banyuasin dinilai paling rawan terhadap bencana kebakaran hutan dan lahan karena memiliki ribuan hektare gambut. Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel Panji Cahyanto mengatakan penilaian itu berdasarkan pemetaan yang dilakukan selama ini.
 
"Memang ada sembilan kabupaten yang rawan di Sumsel, ada juga Ogan Ilir, Banyuasin dan Musi Rawas. Namun, dari sembilan ini, bisa dikatakan Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir dan Musi Banyuasin yang paling rawan," kata Panji saat dikonfirmasi, Kamis, 4 Juli 2019.
 
Panji meminta petugas setempat meningkatkan kewaspadaan selama musim kemarau berlangsung. Dalam kondisi musim kemarau seperti saat ini, hutan dan lahan gambut dipastikan mengalami kekeringan luar biasa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Panji yang mengkhawatirkan adalah hutan dan lahan gambut di tiga kabupaten ini merupakan hamparan yang sangat luas sehingga jika terbakar akan langsung menyebar dan sangat sulit untuk dipadamkan.
 
"Untuk itu, tak henti-hentinya kami ingatkan untuk tingkatkan mitigasi (upaya pengurangan risiko), salah satunya mencegah warga untuk membuka lahan dengan cara dibakar," jelas Panji.
 
Luas kawasan hutan di Sumsel mencapai 3,4 juta hektare, yang terdiri atas Hutan Tanaman Industri (HTI) dan alam. Terkait kesiapan perusahaan HTI, menurut Panji, pemerintah sudah melakukan sosialisasi untuk menjaga muka air sekat kanal agar lahan gambut tetap basah. Selain itu, petugas juga selalu diminta memeriksa ketersediaan sarana dan prasarana pemadam kebakaran.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif