Kehadiran jaringan internet di Pulau Kodingareng Lompo, Makassar, Sulawesi Selatan, membantu kelancaran komunikasi dan meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat (Foto:MI/Usman Iskandar)
Kehadiran jaringan internet di Pulau Kodingareng Lompo, Makassar, Sulawesi Selatan, membantu kelancaran komunikasi dan meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat (Foto:MI/Usman Iskandar)

Akses Internet Tingkatkan Layanan Kesehatan di Pulau Kodingareng Lompo

Nasional Berita Kominfo BAKTI
Gervin Nathaniel Purba • 12 November 2020 15:28
Makassar: Kelancaran jaringan internet kini dapat dinikmati oleh masyarakat di Pulau Kodingareng Lompo, Makassar, Sulawesi Selatan. Kelancaran internet tidak hanya memperlancar komunikasi, namun juga meningkatkan layanan kesehatan di sana.
 
Pulau yang dihuni 4.500 jiwa ini baru dapat menikmati kelancaran internet pada 2017. Lalu, terus mengalami perkembangan hingga sekarang. Semula masyarakat hanya dapat menikmati sinyal 3G. Kini, bisa mengakses sinyal 4G.
 
"Ketika saya mulai bertugas sejak Mei 2015, internet masih susah. Bisanya cuma untuk telepon dan SMS. Itu juga pakai jaringan di jendela," ujar Kepala Puskesmas Pulau Kodingareng Lompo Citra Octavia, pada program BAKTI untuk Negeri, di Metro TV.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seiring peningkatan kualitas jaringan internet, layanan kesehatan di Puskesmas Pulau Kodingareng Lompo semakin meningkat. Ketersediaan jaringan internet memudahkan tenaga medis untuk membuat laporan rujukan pasien, khususnya rujukan ke fasilitas kesehatan di pusat kota Makassar.
 
Adanya jaringan internet juga memudahkan Puskesmas Pulau Kodingareng Lompo untuk menyebarkan informasi melalui media sosial baik melalui Facebook maupun WhatsApp.
 
"Kami menggunakannya untuk komunikasi lintas sektor. Untuk ibu-ibu kader, ibu hamil, dan pegawai puskesmas di pusat kota," ujar Citra.
 
Akses Internet Tingkatkan Layanan Kesehatan di Pulau Kodingareng Lompo
(Foto:MI/Usman Iskandar)
 
Kehadiran jaringan internet juga dimaksimalkan oleh para pegawai Puskesmas Pulau Kodingareng Lompo untuk melalukan komunikasi dengan pihak keluarga yang tinggal di pusat Kota Makassar. Rata-rata, para pegawai memiliki keluarga di sana. Video call menjadi pilihan komunikasi favorit.
 
"Saya sangat berterima kasih karena ada jaringan internet. Bisa lepas kangen dan rindu. Sangat membantu dalam komunikasi," kata Perawat Puskesmas Pulau Kodingareng Lompo Nurliah.
 
Pulau Kodingareng Lompo dapat ditempuh sekitar 30 menit dari Pantai Losari, Makassar dengan menggunakan speedboat. Penduduk di sana bermata pencarian sebagai nelayan dan pedagang.
 
Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan akses telekomunikasi, BAKTI Kominfo memperkuat infrastruktur telekomunikasi melalui proyek Palapa Ring yang membangun jaringan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 12.229 kilometer. Pembangunan jaringan serat optik nasional tersebut menjangkau 54 kabupaten/kota di seluruh Indonesia, dari Sabang hingga Merauke.
 
BAKTI Kominfo terus berkomitmen menyediakan akses komunikasi ke wilayah pelosok, termasuk daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar) dan perbatasan.
 
(ROS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif