Ketua Harian Gugus Tugas Kota Bandung, Ema Sumarna
Ketua Harian Gugus Tugas Kota Bandung, Ema Sumarna

Bandung Berlakukan PSBB Proporsional

Nasional Virus Korona PSBB protokol kesehatan
Roni Kurniawan • 11 Januari 2021 15:12
Bandung: Pemerintah Kota Bandung menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional selama 14 hari kedepan guna menekan penyebaran covid-19. Aturan tersebut mulai diterapkan hari ini sekaligus dikeluarkannya Peraturan Walikota (Perwal) Kota Bandung.
 
Ketua Harian Gugus Tugas Kota Bandung, Ema Sumarna, mengatakan, penerapan PSBB Proporsional diputuskan usai dilakukan pertemuan dengan forum komunikasi pimpinan daerah (Kota Bandung) menindaklanjuti arahan dari pemerintah pusat terkait PSBB Jawa-Bali. Aturan tersebut pun berpegang pada Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 443/Kep.10-Hukham/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara Proporsional.
 
"Jadi di Bandung itu setahu saya namanya PSBB proporsional, ini sejalan dengan pergub (Jabar). Perwal idealnya mulai hari ini berlaku, saat ini sedang proses penandatanganan, mohon maklum," ujar Ema di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Senin, 11 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Jawa Barat Lakukan Percepatan Vaksinasi Covid-19
 
Ema menuturkan, saat ini Pemkot Bandung tengah menggodok Perwal baru terkait PSBB Proporsional. Pasalnya Gugus Tugas tidak bisa langsung kontak dengan Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, karena masih menjalani isolasi mandiri usai dinyatakan positif covid-19 pada pekan lalu.
 
"Karena proses itu sekarang tidak bisa langsung menghadap beliau," sahutnya.
 
Akan tetapi Ema memastikan, aturan yang tertuang dalam perwal baru mengikuti atau sesuai dengan pemerintah pusat yakni pemberlakukan work from home sebesar 75 persen, toko ritel dan pusat pembelanjaan tutup hingga pukul 19.00 WIB, serta tempat hiburan diberi waktu beroperasional hingga pukul 20.00 WIB.
 
"Maksimum semuanya itu 25 persen, kalau dalam perwal yang dulu itu 30 persen. Nah sekarang ada pengurangan," tegas Ema.

 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif