Bazar dan pameran lukisan di Kabupaten Demak. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)
Bazar dan pameran lukisan di Kabupaten Demak. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)

Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Seniman Lukis Demak Gelar Pameran

Rhobi Shani • 05 Maret 2021 12:06
Demak: Sebanyak 120 lukisan dari berbagai aliran seni lukis dipamerkan di Wisma Halim, Demak, Jawa Tengah. Pada kegiatan itu, sebanyak 20 seniman lukis dari Kota Wali terlibat sebagai upaya bertahan hidup dan berkarya di tengah masa pandemi covid-19.
 
Ketua Panitia Bazar dan Pameran Lukisan, Ersyad, mengatakan kegiatan kali ini juga bagian dari mengenalkan potensi seniman lukis Demak kepada masyarakat luas. Sebab, kegiatan serupa jarang diselenggarakan di Kabupaten Demak.
 
“Ini untuk mengenalkan potensi Demak lewat lukisan karya teman-teman pelukis asli dari Demak,” ujar Ersyad, Jumat, 5 Maret 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bazar dan pameran ini diselenggarakan selama empat hari, mulai Kamis hingga Minggu, 4-7 Maret 2021. Lukisan beragam aliran dan ukuran dijual mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Mengingat masih dalam masa pandemi covid-19, pameran di langsungkan di tiga pendapa terpisah.
 
Baca juga: Pengurus Demokrat se-Sumut Pastikan Tolak KLB di Deli Serdang
 
“Sengaja tidak ditempatkan di satu gedung, tapi terpisah karena masih pandemi jadi bisa jaga jarak dan tidak berkerumun,” kata Ersyad.
 
Lukisan yang dipamerkan di antaranya mengisahkan kehidupan sosial masyarakat, seperti panen padi di sawah dan anak-anak mencari ikan di sungai di tepi sawah. Selain itu, juga lukisan wajah sejumlah tokoh nasional seperti Soekarno, Joko Widodo, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo. Ada pula lukisan macan dan penari bali.
 
Seorang pengunjung pameran, Aisah Maulida, mengaku senang dengan adanya bazar dan pameran lukisan ini. Sebab, dapat menjadi alternatif hiburan di tengah pandemi.
 
“Seneng melihatnya, ada bermacam-macam lukisan. Kalau saya suka yang realis,” kata Aisah.  

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif