Ilustrasi Medcom.id
Ilustrasi Medcom.id

Kades Kosambi Timur Tangerang Nilai Perpanjangan Masa Jabatan Berpotensi Timbulkan Nepotisme

Hendrik Simorangkir • 25 Januari 2023 20:44
Tangerang: Wacana perpanjangan masa jabatan kepala desa (kades) menjadi 9 tahun menimbulkan pro dan kontra dari kalangan kepala desa sendiri. Sedikit kades yang merasa wacana ini menimbulkan dampak negatif.
 
Seperti diungkapkan Kepala Desa Kosambi Timur, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Hasan Udin. Hasan menuturkan, dirinya melihat jika perpanjangan masa jabatan hingga 9 tahun disetujui, ada hal positif. Seperti pencatatan dan berbagai administrasi dapat dilakukan dengan baik, sehingga dana desa dapat terserap dengan baik ke masyarakat.
 
"Tapi ada negatifnya juga, kalau sampai 9 tahun nanti kades itu merasa lebih hebat dan akan di masukan semua keluarga-keluarganya di desa tersebut. Jadinya sok power banget memiliki kekuasaan," katanya saat dihubungi, Rabu, 25 Januari 2023.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan, perpanjangan masa jabatan kades harus dikaji matang dan mendalam Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). 
 
"Kajian itu kan masih digodok. Kalau sebelum ada kajian, harapan saya kepada Mendes PDTT jangan buat statement dulu, karena ini bola liar sudah di lempar, maka di sini lah timbul konflik dan polemik," ujarnya, Rabu, 25 Januari 2023.
 
Menurut Hasan, ia tidak dalam posisi setuju atau tidak setuju. Pasalnya, kata Hasan, dirinya harus melihat terlebih dahulu kajian seperti apa yang tengah digodok oleh Kemendes PDTT. 
 
Baca: Baleg DPR Terima Audiensi Persatuan Perangkat Desa

"Saya 50:50 ya. Saya lihat dulu kajiannya itu mengarah kemana, apa efektifnya setelah ada kajian itu. Yang jadi masalah tanpa kajian kan berarti sama saja diumpamakan orang tua di suruh beli ke warung oleh anaknya, ini bahaya juga kan," jelas pria yang sudah menjabat 3 periode menjadi Kades Kosambi Timur itu.
 
Namun, Hasan menambahkan, jika di wilayah Kabupaten Tangerang, hampir seluruh kepala desa memilih agar masa jabatan diperpanjang menjadi 9 tahun.
 
"Iya mayoritas kades di sini (Kabupaten Tangerang) setuju perpanjangan itu," ucap dia.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id

 
(WHS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif