Suasana pelantikan 35 anggota DPRD Kabupaten Yahukimo. (Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin)
Suasana pelantikan 35 anggota DPRD Kabupaten Yahukimo. (Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin)

Pandemi Covid-19, Legislator Yahukimo Tetap Dilantik

Nasional Virus Korona dprd
Roylinus Ratumakin • 18 Mei 2020 15:49
Jayapura: Sebanyak 35 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Yahukimo, Papua, akhirnya dilantik dalam situasi pandemi covid-19 yang melanda Indonesia. Ke-35 legislator itu dilantik di salah satu hotel setempat.
 
Wakil Bupati Yahukimo, Yulianus Heluka, mengatakan, pelantikan seharusnya dilakukan di Dekai, Yahukimo, pada 8 April 2020 lalu. Namun karena penyebaran virus korona yang begitu masif di Papua, pelantikan pun ditunda.
 
"Kami bersyukur bahwa pelantikan dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar, walau kondisinya tidak seperti biasa. Harus melalui prosedur dan terutama menjalankan protokol kesehatan dalam situasi ini," kata Yulianus, Senin, 18 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Yulianus, dengan dilantiknya para anggota DPRD Yahukimo periode 2019-2024, para legislatif diharapkan dapat bekerja sama dengan pemerintah kabupaten dalam berbagai aspek pembangunan. Khususnya, mengatasi persoalan kesehatan di wilayah tersebut.
 
Baca juga:Bayi Berusia 10 Bulan Positif Covid-19 di Manado Meninggal
 
"Saat ini ada bencana nonalam (covid-19) yang melanda Indonesia termasuk di Papua. Mari kita sama-sama bekerja untuk menuntaskan penyebaran virus tersebut. Saya yakin, dengan bekerja sama segala persoalan dapat terselesaikan dengan baik," ujarnya.
 
Ketua sementara DPRD Yahukimo, Momda Hosea Weipsa, menambahkan, kini pihaknya mempunyai tugas berat memutus mata rantai penyebaran virus korona di Papua, khususnya di Kabupaten Yahukimo.
 
"Langkah awal adalah membangun komunikasi dengan pemerintah daerah soal langkah-langkah strategis untuk mencegah penyebaran virus di Yahukimo," katanya.
 
Ia mengatakan walau hingga kini di Kabupaten Yahukimo belum ada pasien covid-19 namun sudah ada Pasien Dalam Pengawasan dan Orang Dalam Pemantauan.
 
"PDP di sana sudah ada 13 orang dan ODP 25 orang. Kami berharap tidak ada yang positif covid-19. Namun masyarakat tidak perlu khawatir, karena RSUD Dekai siap melayani pasien dengan baik," pungkasnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif