https://www.medcom.id/nasional/daerah/GbmYRGOb-polisi-tangkap-bos-penambang-emas-ilegal-di-bogor
https://www.medcom.id/nasional/daerah/GbmYRGOb-polisi-tangkap-bos-penambang-emas-ilegal-di-bogor

Kepala Daerah di Jabar Diminta Tertibkan Tambang Liar

Nasional tambang ilegal
Ahmad Rofahan • 09 Februari 2020 15:29
Cirebon: Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meminta bupati dan wali kota di Jabar segera menertibkan tambang liar di wilayahnya. Uu menilai instruksi itu untuk mencegah terjadinya bencana di Jawa Barat.
 
"Ini merupakan, salah satu upaya pencegahan bencana di Jabar," kata Uu di Cirebon, Jawa Barat, Minggu, 9 Februari 2020.
 
Uu mengatakan pihaknya telah melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) yang dihadiri oleh wakil bupati dan wakil wali kota se-Jawa Barat. Pihaknya memberikan wewenang kepada Pemda untuk menutup tambang liar di wilayahnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengingatkan tambang liar mengacam potensi bencana dan tidak memberi masukan ke Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dia mengunkap banyak tambang liar di Jabar, di salah satu kecamatan terdapat sekira 25 tambang liar.
 
Sebelumnya, empat penambang emas ilegal di Bogor, Jawa Barat, yakni IS, IR, OM, dan Ya ditangkap polisis. Mereka melakukan penambangan ilegal di Desa Banyu Asih, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
 

Para pengusaha tambang emas ilegal itu dijerat Pasal 161 dan atau pasal 158 Jo Pasal 37 UU RI No 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara, dengan ancaman hukuman penjara lebih dari 10 tahun.
 
Joni menambahkan aktivitas pertambangan ilegal merupakan salah satu musabab terjadinya longsor di wilayah barat Kabupaten Bogor.
 
Dia menerangkan pengungkapan kasus merupakan tindak lanjut dari peristiwa longsor dan banjir bandang pada Rabu, 1 Januari 2020 di Kabupaten Bogor, yakni Kecamatan Sukajaya, Kecamatan Nanggung, Kecamatan Cigudeg, dan Kecamatan Jasinga.
 

 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif