Penjualan batik menurun drastis karena akibat pandemi Covid-19. (foto: Metro TV)
Penjualan batik menurun drastis karena akibat pandemi Covid-19. (foto: Metro TV)

Selamat Pagi Indonesia MetroTV

Sedih, Penjualan Batik Menurun Drastis di Hari Batik Nasional

MetroTV • 01 Oktober 2021 16:22
Cirebon: Asosiasi Perajin dan Pengusaha Batik Indonesia (APPBI) mengalami penurunan penjualan hingga 80 persen. Gerakan batik mendunia yang diselenggarakan pada Sabtu, 2 Oktober 2021 diharapkan berdampak signifikan terhadap jual beli batik di Indonesia.
 
Tercatat dari 151.656 pengrajin batik di Indonesia saat ini hanya tersisa 37.914 perajin batik yang aktif. Ketua APPBI Komarudin Kudiya menyebut memang sejak pandemi Covid-19 banyak perajin batik yang tutup sementara. Namun, adanya pelonggaran PPKM membuat pengrajin batik mulai bangkit.
 
“Mulai memasuki September ketika PPKM mulai agak longgar, ini nampaknya mulai bergairah lagi, sudah ada pameran-pameran dan harapannya akan segera bangkit kembali,” ucap Komarudin dalam tayangan Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Jumat, 1 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Komarudin juga berterima kasih kepada pemerintah yang berusaha membangkitkan kembali penjualan batik dengan gerakan membatik mendunia. Gerakan yang diadakan bertepatan dengan hari batik nasional ini diharap dapat memberikan dampak yang signifikan. Selain itu, masyarakat Indonesia dapat kembali mencintai batik.
 
Sejak pandemi Covid-19, Komarudin mengatakan pihaknya berupaya untuk melakukan penjualan melalui online. Kolaborasi dengan berbagai komunitas pun dilakukan agar daya beli batik dapat meningkat. 
 
Komarudin juga mengkhawatirkan sulitnya regenerasi bagi perajin batik yang terampil. Hal ini karena banyaknya perajin batik yang sudah pindah ke bidang lain.
 
“Pekerjaan batik yang biasa menggunakan keterampilan tangan motorik halusnya itu bisa hilang, nah ini yang akan menjadi masalah baru untuk kami para perajin batik,” katanya.
 
(PRI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif