Ilustrasi vaksinasi lansia. MI/M Irfan
Ilustrasi vaksinasi lansia. MI/M Irfan

23.242 Lansia di Riau Divaksinasi Dosis Pertama

Nasional lansia Virus Korona covid-19 vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19 Vaksin Slank untuk Indonesia
Surya Perkasa • 27 Mei 2021 04:44
Pekanbaru: Sebanyak 23.242 orang lanjut usia menerima vaksin covid-19 dosis pertama. Dinas Kesehatan Riau menggandeng berbagai elemen untuk menyukseskan program vaksinasi untuk kelompok rentan ini.
 
"Kita mulai menggandeng komunitas masyarakat, organisasi masyarakat dan swasta segera mencari dan mendata para lanjut usia itu," kata Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir, dilasir Antara, Pekanbaru, Rabu, 26 Mei 2021.
 
Selain melakukan pendataan maka komunitas dan ormas, pihak swasta diminta ikut menyosialisasikan pentingnya vaksinasi covid-19. Warga lansia berpotensi mudah tertular atau menularkan virus korona karena kondisi fisik mereka rata-rata sudah melemah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apalagi, banyak lansia terpapar covid-19 bergejela berat dan berisiko tinggi menyebabkan kematian. "Karena itu keterlibatan komunitas sangat dibutuhkan, untuk menuntaskan (vaksinasi)," katanya.
 
Baca: 5 Juta Dosis Vaksin CanSino Dikirim 2 Gelombang
 
Sebanyak 14.651 orang sudah menerima vaksinasi dosi kedua. Mimi mengakui realisasi vaksinasi kelompok lansia jauh dari target 582.505 orang.
 
Untuk mengebut pemberian vaksin, camat hingga lurah diminta segera menyusun dan mengirimkan data lansia di wilayah masing-masing. Seluruh elemen satgas wilayah seperti babinsa dan bhabinkamtibmas diharap membatu pendataan.
 
"Kita mesti cepat melaksanakan tugas memutus rantai penyebaran covid-19 dengan cepat guna menggerakkan perekonomian," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus.

Vaksin untuk Indonesia

Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.
 
"Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.
 
Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.
 
 
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif