Ilustrasi / Medcom.id
Ilustrasi / Medcom.id

Percepat Vaksinasi Covid-19, Banyuwangi Terapkan Jemput Bola dan Drive Thru

Nasional Virus Korona pandemi covid-19 vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19
Amaluddin • 11 Juni 2021 19:13
Banyuwangi: Dua strategi untuk percepatan vaksinasi covid-19 di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim), membuahkan hasil. Hingga saat ini, sebanyak 243.032 orang di kabupaten tersebut telah disuntik vaksin. 
 
"Dua strategi itu melalui jemput bola dan layanan tanpa turun (drive thru). Dua langkah itu berhasil mempercepat capaian vaksinasi di Banyuwangi," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, di Banyuwangi, Jumat, 11 Juni 2021.
 
Hingga Kamis, 10 Juni 2021, sebanyak 243.032 warga Banyuwangi yang telah divaksin. Mereka terdiri dari 172.958 warga gabungan tenaga kesehatan, pelayan publik, serta lansia. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lalu, 1.501 penyandang disabilitas dan kelompok rentan lainnya. Terakhir, 68.573 masyarakat umum yang telah mendapat vaksinasi tahap I. Vaksinasi tahap II untuk 243.032 warga itu kini terus berlanjut.
 
"Alhamdulillah lancar dan vaksinasi drive thru sendiri sudah melayani 4.700 warga dalam beberapa hari terakhir. Setelah ini, kita evaluasi untuk lanjutannya sembari menunggu ketersediaan vaksin," beber Ipuk. 
 
Khusus lansia, sudah ada 67.945 orang yang telah divaksin atau setara 77,27 persen dari target yang ditetapkan Pemprov Jatim. "Untuk vaksinasi lansia, Banyuwangi tertinggi nomor dua di Jatim setelah Surabaya," lanjut Ipuk. 
 
Baca: BNPB Gandeng Tokoh Masyarakat Setempat untuk Sosialisasi Prokes
 
Sebelumnya, vaksinasi di Banyuwangi dilakukan dengan dua cara. Yakni jemput bola dan door to door. Vaksinasi dilaksanakan di balai desa, rumah warga, atau wilayah perkebunan. 
 
"Nah, kita pinjam salah satu ruangan di sana. Jadi lansia tidak perlu ke puskesmas," ucap Ipuk. 
 
Adapun vaksinasi drive thru dipusatkan di GOR Tawangalun dengan sasaran para pelaku pariwisata, jasa transportasi publik, dan pelaku ekonomi. "Saya lihat vaksinasi drive thru cukup besar antusiasmenya," tutur Ipuk. 
 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif