Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menyerahkan kepemimpinan ASEAN Tourism Forum untuk 2024 kepada Menteri Penerangan, Kebudayaan, dan Pariwisata Laos Suanesavanh Vignaket. Dokumentasi/istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menyerahkan kepemimpinan ASEAN Tourism Forum untuk 2024 kepada Menteri Penerangan, Kebudayaan, dan Pariwisata Laos Suanesavanh Vignaket. Dokumentasi/istimewa

Menteri Sandiaga Sebut Yogyakarta Berhasil jadi Tuan Rumah ATF 2023

Ahmad Mustaqim • 06 Februari 2023 08:13
Yogyakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Yogyakarta telah sukses menjadi tuan rumah ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 yang berlangsung 2-5 Februari 2023. Hal ini mengulang momen yang sama pada 20 tahun lalu.
 
"Pada 20 tahun yang lalu (ATF) juga (digelar) di Yogyakarta. Tahun ini digelar di tempat yang sama dan sukses," kata Sandiaga selepas acara jamuan makan malam delegasi ATF 2023 di Kraton Yogyakarta, Minggu malam, 5 Februari 2023. 
 
Sandiaga menyebut Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta jajaran dan warganya sudah melakukan peran yang baik sebagai tuan rumah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami mengucapkan banyak apresiasi kepada Sultan dan masyarakat Yogyakarta yang telah menjadi tuan rumah yang sangat baik, tuan rumah yang sangat menerima dan meninggalkan kesan yang sangat mendalam bagi para menteri (ASEAN)," kata Sandiaga. 
 
Sandiaga mengungkapkan ada berbagai hal yang membuat para menteri pariwisata negara anggota ASEAN ataupun delegasi, terpukau dengan Yogyakarta. Salah satunya dalam jamuan makan malam beserta tarian Beksan Ajisaka di Kraton Yogyakarta.
 
Baca juga: Delegasi ATF 2023 Disuguhi Tarian Kraton Yogyakarta

"Para menteri juga menyampaikan bahwa mereka tidak akan pernah melupakan malam ini karena ini meninggalkan pengalaman yang sangat berkesan bagi mereka," ujarnya. 
 
Pada kesempatan itu Sandiaga pun menyerahkan tanggung jawab penyelenggaraan ASEAN Tourism Forum untuk 2024 kepada Laos. Secara simbolis, Sandiaga menyerahkan palu kepemimpinan kepada Menteri Penerangan, Kebudayaan, dan Pariwisata Laos Suanesavanh Vignaket.
 
"Kami berharap Laos akan terus berupaya memperkuat kolaborasi dengan negara anggota ASEAN dan negara mitra untuk mendorong pertumbuhan dan menciptakan lapangan kerja yang baru dan berkualitas di sektor pariwisata,” ucap dia.
 
Sementara itu, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap ATF bisa menjadikan babak baru dalam perkembangan pariwisata di Yogyakarta. Selain telah adanya kerja sama antarnegara ASEAN dan sejumlah mitra, ATF juga bisa membangun keadaban dunia pariwisata ke depan. 
 
"Saya berterima kasih atas kepercayaan pemerintah pusat atas terselenggaranya ATF 2023 di Yogyakarta. Semoga peristiwa ini lebih memberikan semangat untuk kita di bidang pariwisata dan maju," kata Sultan.
 

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id

 
(MEL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif