Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Seorang Warga Tewas Dalam Bentrok Antarkampung di Jayapura

Roylinus Ratumakin • 20 April 2020 21:37
Jayapura: Bentrokan susulan antarkampung Kehiran atau Kampung Towere di Kabupaten Jayapura kembali pecah. Bentrokan mengakibatkan satu warga tewas dan puluhan rumah dibakar dan dirusak.
 
Komandan Korem 172/PWY, Kolonel Inf Binsar Parluhutan Sianipar mengatakan salah satu warga yang meninggal tersebut belum diketahui dari Kampung Kehiran atau Kampung Towere. Korban tewas terkena benda tajam. 
 
"Belum diketahui dari kampung mana, tapi yang pasti ada satu korban jiwa karena benda tajam," kata Binsar melalui sambungan telepon, Senin, 20 April 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikatakan, untuk mencegah pertikaian tersebut tidak meluas pihaknya telah melakukan pembatasan atau menutup akses masuk dan keluar dari lokasi kejadian. “Kami juga kerahkan 1 SSK pasukan dari TNI dan 1 SSK dari Polda Papua untuk mengamankan lokasi," ujarnya.
 
Baca: Bentrok Warga, Puluhan Rumah di Jayapura Terbakar
 
Kata Binsar, pihaknya dan Polres Jayapura telah berusaha memediasi kedua kubu yang bertikai. Termasuk meminta kepada pemimpin kedua kampung untuk meredakan amarah warganya.
 
“Kami tadi sudah minta agar ondoafi (kepala suku) segera birdialog dengan masyarakatnya masing-masing, baik yang di Kampung Kehiran maupun yang di Kampung Toware,  Kalau masih ada yang bergerak (melakukan tindakan penyerangan) lagi kami akan tindak tegas, saat ini proses mediasi kami ambil alih," katanya.
 
Akibat bentrok antarwarga tersebut, warga yang kebanyakan perempuan, anak-anak, dan orang lanjut usia diungsikan keluar dari kedua kampung. Untuk warga Kampung Toware diungsikan ke GOR Toware dan warga Kampung Kehiran diungsikan keluar kampung.
 
(WHS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif