Kondisi Tinggi Muka Air (TMA) di Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin, 21 September 2020. Medcom.id/ RIzky Dewantara
Kondisi Tinggi Muka Air (TMA) di Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin, 21 September 2020. Medcom.id/ RIzky Dewantara

Bendung Katulampa Siaga 1, Warga Bantaran Ciliwung Diimbau Waspada Banjir

Nasional katulampa musim hujan bendungan katulampa
Rizky Dewantara • 21 September 2020 19:15
Bogor: Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor dan sekitarnya sejak sore membuat Tinggi Muka Air (TMA) di Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat, naik menjadi 250 sentimeter. Petugas jaga Bendung Katulampa, Andi Sudirman, mengatakan tinggi air tersebut dinyatakan berstatus siaga satu.
 
"Debit air naik secara drastis dimulai sejak pukul 17.00 WIB, semula hanya nol sentimeter, menaik drastis menjadi 120 sentimeter atau siaga 3 pada pukul 17.45 WIB. Kemudian pukul 18.00 WIB, TMA terus naik di Siaga II dengan TMA 170 sentimeter dan naik lagi ke 250 sentimeter menjadi siaga satu," kata Andi saat dihubungi Medcom.id, Senin, 21 September 2020.
 
Baca: Gunungkidul Antisipasi Kekeringan Hingga Akhir Tahun

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan hujan mengguyur sejak pukul 15.00 WIB bertahan hingga pukul 18.00 WIB hampir merata terjadi di wilayah Bogor. Pihaknya mengimbau kepada masyarakat khususnya yang tinggal dibantaran sungai Ciliwung seperti di Depok dan Jakarta untuk waspada.
 
"Hingga saat ini masih terpantau TMA 170 sentimeter, atau dalam status Siaga dua. Jumlah debit air 630.000 meter kubik/detik itu akan terbawa hingga Jakarta sekitar 8 sampai 10 jam ke depan," jelasnya.
 
Andi menyatakan hulu Ciliwung di Puncak masih dalam kondisi hujan, dan diperkirakan TMA akan terus naik. "Kami menghimbau agar masyarakat yang berada di sepadan Sungai Ciliwung lebih waspada terjadinya luapan air sungai, mengingat ada kemungkinan debit air dari akan terus bertambah," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif