Pemeriksaan kesehatan penumpang bus di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu, 30 April 2022. Medcom.id/ Roni Kurniawan
Pemeriksaan kesehatan penumpang bus di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu, 30 April 2022. Medcom.id/ Roni Kurniawan

Mayoritas Pemudik di Terminal Cicaheum Alami Darah Tinggi

Nasional Mudik Lebaran Idulfitri 1439 H Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Roni Kurniawan • 30 April 2022 21:25
Bandung: Calon penumpang yang hendak mudik Lebaran menggunakan bus di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, dilakukan pemeriksaan secara gratis oleh Jasa Raharja. Hasilnya sebagian besar pemudik yang hendak berangkat mengalami darah tinggi ketika dilakukan pemeriksaan tensi.
 
"Kebanyakan darah tinggi setelah kita cek tensi. Karena mungkin mau mudik Lebaran," kata Staf Pelayanan Kantor Jasa Raharja Bandung, Suryadi Kusuma, di Terminal Cicaheum, Sabtu, 30 April 2022.
 
Baca: 365.484 Kendaraan Masuk Surabaya H-3 Idulfitri

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Suryadi menuturkan pemeriksaan kesehatan tersebut secara gratis dilakukan kepada calon penumpang yang hendak mudik. Hal itu bertujuan agar para pemudik mengetahui kondisi kesehatan sebelum melakukan perjalanan jauh.
 
"kita hadir untuk bisa memberikan pelayanan terhadap para pemudik yang akan melakukan perjalanan ke kampung halamannya, untuk mengecek sampai sejauh mana kesehatan para pemudik," jelasnya.
 
Selain diperiksa, para pemudik tersebut pun diberikan obat atau resepnya jika tidak ada di pos tersebut. Hal itu sebagai antisipasi jika penyakit yang di idap pemudik kambuh saat perjalanan, bisa langsung menkonsumsi obat tersebut.
 
"Kalau obatnya ada, kami berikan. Kalau tidak ada, kami beri resepnya," ungkapnya.
 
Selain darah tinggi, calon penumpang yang hendak mudik pun mengalami batuk dan flu ketika diperiksa. Cuaca hujan yang masih terjadi di Kota Bandung menjadi salah satu pemicu pemudik terserang flu dan batuk.
 
"Ada juga yang sakit lambung, flu dan batuk. Tapi mayoritas yang kita periksa itu darah tinggi," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif