Ilustrasi. FOTO: MI/Aries Munandar
Ilustrasi. FOTO: MI/Aries Munandar

Perjalanan ke Cilacap, 5 Nelayan dari Malang Hilang Kontak di Perairan Gunungkidul

Nasional nelayan nelayan tenggelam
Ahmad Mustaqim • 05 Mei 2022 02:34
Gunungkidul: Sebanyak tiga nelayan dikabarkan hilang kontak di kawasan perairan Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Tiga nelayan yang membawa kapal berukuran 10 GT itu dikabarkan hilang kontak di wilayah perairan Pantai Ngitun, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus.
 
Koordinator SAR Satlinmas Wilayah I Gunungkidul, Sunu Handoko, mengatakan tiga nelayan yang hilang kontak itu yakni Anggi Pratama, 19, warga Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul; Riki, 21, dan Hendra, 23, beralamat di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Mereka hilang kontak sejak enam hari lalu.
 
"Mereka berangkat dari Pantai Sendang Biru, Malang, menuju Cilacap," kata Sunu saat dihubungi, Rabu, 4 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kerugian Kebakaran Kapal di Cilacap Mencapai Rp130 Miliar
 
Ia mengatakan tiga nelayan itu menempuh perjalanan dari Pantai Sendang Biru, Malang pada Rabu, 27 April. Sunu mengatakan nelayan di Gunungkidul sedang tidak ada yang melaut dan mendapat informasi itu pada 1 Mei lalu.
 
Sempat ada informasi temuan bangkai kapal di kawasan Pantai Ngitun. Temuan itu diduga berkaitan dengan hilang kontaknya tiga nelayan. Namun, Sunu menyatakan upaya pencarian masih dilakukan.
 
"Kami langsung melakukan penelusuran di lapangan usai temuan itu," jelasnya.
 
Ia menambahkan upaya pencarian dilakukan di perairan maupun di darat. Sebagian personel SAR bertugas mengamankan libur lebaran dan melakukan pencarian.
 
Sekretaris SAR Satlimnas Korwil 2 Gunungkidul, Surisdiyanto menyebut masalah yang dihadapi nelayan di lautan bisa jadi penyebab kecelakaan laut, termasuk kerusakan mesin. Menurut dia, nelayan perlu memastikan kesiapan kapal dan mesin sebelum melaut.
 
"Pantauan gelombang masih landai tapi kepada wisatawan kami mengimbau agar tetap hati-hati," ungkapnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif