Pratu Lukius Y Matuan, anggota Yonif 400 Raider yang dilaporkan lari dan bergabung dengan KKB pimpinan Sabinu Waker. (ANTARA/HO/pihak ketiga)
Pratu Lukius Y Matuan, anggota Yonif 400 Raider yang dilaporkan lari dan bergabung dengan KKB pimpinan Sabinu Waker. (ANTARA/HO/pihak ketiga)

Diduga Membelot ke KKB, Pratu Lukius Diburu

Nasional tni Papua organisasi papua merdeka kelompok bersenjata di papua
Antara • 16 April 2021 21:29
Jayapura: Pratu Lukius Y Matuan, anggota Yon Infanteri 400 Raider diduga telah bergabung dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Sabinus Waker yang beroperasi di wilayah Kabupaten Intan Jaya, Papua.
 
"Memang benar saat ini Pratu Lukius yang sebelumnya tergabung dalam Yonif Raider 400 itu bergabung dengan KKB," ujar Asisten Operasi Kogabwilhan III Brigjen Suswatyo, kepada Antara, Jumat, 16 April 2021.
 
Dia membenarkan, Lukius tergabung bersama Raider 400 dan sempat ditugaskan di Kabupaten Intan Jaya sejak Agustus 2020 hingga Maret 2021. Dia memperkirakan, Lukius kabur sejak 12 Februari tanpa membawa senjata.
 
Baca: Aktivitas Masyarakat Beoga Papua Berangsur Normal
 
Dia menambahkan, Pratu Lukius sudah dianggap sebagai pengkhianat. Lantaran, kata dia, masuk dalam daftar anggota KKB di Intan Jaya.
 
"Aparat keamanan dipastikan melakukan penindakan bila menemukannya," ujarnya.
 
Data yang dihimpun menyebutkan Pratu Lukius Matuan merupakan anggota Yonif 410 yang diperbantukan ke Raider 400 dan sama-sama berada di bawah Kodam 4/Diponegoro. Jejak digitalnya, diketahui banyak berteman dengan akun pro-KKB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif