DPD Minta Rehabilitasi dan Rekonstruksi NTB Segera Disiapkan

Anggi Tondi Martaon 08 Agustus 2018 17:33 WIB
berita dpd
DPD Minta Rehabilitasi dan Rekonstruksi NTB Segera Disiapkan
Ketua Komite III DPD RI Fahira Idris (Foto:Medcom.id)
Jakarta: Bencana gempa meluluhlantakan Pulau Lombok. Mayoritas bangunan rata dengan tanah. Penanganan korban pun harus dilakukan di tenda-tenda darurat.

Ketua Komite III DPD RI Fahira Idris berharap, proses tanggap darurat berjalan lancar. Dia juga meminta pemerintah mempersiapkan rehabilitasi dan rekonstruksi bangunan di Pulau Lombok. 

"Kita berdoa dan kerahkan semua sumber daya agar proses tanggap-darurat berlangsung optimal sehingga mampu menyelamatkan sebanyak mungkin korban, serta memastikan kebutuhan pangan, sandang, tempat berteduh, sanitasi, dan makanan bagi para korban terpenuhi. Sembari itu, pemerintah harus bergerak cepat merencanakan dan menyiapkan proses rehab-rekon (rehabilitasi-rekonstruksi),” ucap Fahira, dalam keterangan tertulis, Rabu, 8 Agustus 2018.


Fahira mengungkapkan, proses rehabilitasi dan rekonstruksi yang sistemik, terintegrasi, dan komprehensif akan mempercepat pemulihan.

Untuk tahap rehabilitasi, yang paling utama segera dipulihkan adalah sektor perumahan, kesehatan, dan memperbaiki lapangan kerja, terutama di sektor pertanian dan pariwisata yang menjadi sektor unggulan di NTB.

"Tidak boleh terlalu lama terganggu karena menjadi denyut nadi aktivitas provinsi ini. Pelayanan publik dan perbaikan berbagai sarana umum juga harus segera dilakukan agar aktivitas warga dan pemerintahan kembali optimal,” kata Senator DPD RI DKI asal daerah pemilihan DKI Jakarta itu.

Selama proses rehabilitasi berlangsung, lanjut Fahira, berbagai kerusakan fisik, terutama tempat tinggal dan berbagai fasilitas publik secepat mungkin dibangun kembali secara permenen (rekonstruksi). 

"Tentunya, dengan memperhatikan standar konstruksi bangunan yang lebih tahan terhadap bencana," ungkapd dia.

Selain itu, Fahira pun berharap semua proses tersebut dapat berjalan baik. Dia juga meminta dukungan dan doa dari seluruh pihak demi kelancaran penanganan bencana gempa di Pulau Lombok.

“Kita doakan dan dukung penuh proses tanggap-darurat, rehab dan rekon berjalan sebaik mungkin. Insya Allah masyarakat NTB segera bangkit kembali dan berbagai sektor kembali menggeliat terutama sektor pertanian dan pariwisata,” kata Fahira. 



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id