Sejumlah anak memanfaatkan areal persawahan yang terdampak kekeringan untuk bermain bola di Cibiru Hilir, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (ANT/RAISAN AL FARISI)
Sejumlah anak memanfaatkan areal persawahan yang terdampak kekeringan untuk bermain bola di Cibiru Hilir, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (ANT/RAISAN AL FARISI)

20 Kabupaten/Kota di Jabar Mengalami Kekeringan

Nasional kekeringan
Bayu Anggoro • 06 Agustus 2019 13:30
Bandung: Kekeringan di Jawa Barat terus meluas pada musim kemarau tahun ini. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat menetapkan 20 kabupaten/kota telah mengalami kekeringan akibat tidak turun hujan.
 
Kepala Seksi Pusdalops BPBD Jawa Barat, Budi Budiman, mengatakan jumlah daerah yang kekeringan bertambah tujuh kabupaten/kota setelah pada Juli kemarin pihaknya menetapkan 13 wilayah. Menurutnya, daerah yang baru mengalami kekeringan seperti Kabupaten Bandung, Cianjur, Ciamis, Garut, dan Sumedang.
 
Dia menerangkan sebanyak 166.957 KK terdampak karena kesulitan memperoleh air bersih. Adapun luas pertanian yang kekeringan menjadi 20.621 hektare.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kekeringan terjadi di 374 desa di 171 kecamatan," kata Budi di Bandung, Selasa, 6 Agustus 2019. 
 
Dia melanjutkan Cianjur menjadi salah satu yang terparah karena terdapat 30 kecamatan yang terdampak. Disusul Kabupaten Bandung dan Indramayu.
 
Budi mengungkap pihaknya telah mengirimkan 1.799.100 liter air bersih untuk kebutuhan masyarakat. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memerintahkan PDAM di kabupaten/kota agar aktif untuk mengirimkan bantuan air bersih.
 
"Saya sudah instruksikan PDAM di semua daerah untuk lebih aktif mengirimkan tanki-tanki air. Lebih turun ke masyarakat," kata Ridwan Kamil. 
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif