Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto (ketiga kanan) saat membuka Pusat Batik Bekasi bernama De' Bhagasasi. Istimewa
Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto (ketiga kanan) saat membuka Pusat Batik Bekasi bernama De' Bhagasasi. Istimewa

Pemkot Bekasi Punya Pusat Batik

Nasional kesenian batik
Antonio • 24 Agustus 2019 09:21
Bekasi: Pusat Batik Bekasi bernama De' Bhagasasi resmi dibuka di Pasar Proyek, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat, 23 Agustus 2019. Terdapat sebanyak 40 pengrajin batik yang membuka gerai di tempat tersebut.
 
Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto mengatakan, De' Bhagasasi dibuka untuk pusat pengembangan UMKM dan destinasi wisata bagi tamu dari luar daerah mengetahui batik Bekasi. "Dan sebagai sarana edukasi agar generasi muda Bekasi mengenal batik dan ikut melestarikan Batik Bekasi," kata dia di Bekasi.
 
Menurutnya, keberadaan pusat batik Bekasi ini dapat menjadi icon yang akan membawa nama besar Kota Bekasi kedepan. "Kota Bekasi punya visi kreatif, maju, sejahtera, dan ihsan, dengan hadirnya pusat batik menjadi wadah bagi para insan-insan kreatif, De' Bhagasasi bisa menjadi icon dan membawa nama besar Kota Bekasi. Batik Bekasi menjadi kebanggaan bagi setiap warga Kota Bekasi," ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketua Bidang Pengembangan Kehidupan Perkotaan pada Tim Wali Kota untuk Percepatan Penyelenggaraan Pemerintah dan Pembangunan (TWUP4) Kota Bekasi, Benny Tunggul mengatakan, keberadaan pusat batik Bekasi diyakini mampu mengakomodasi keinginan masyarakat yang ingin berbelanja batik khas Bekasi.
 
Karena, menurut dia, animo masyarakat untuk memiliki baju batik Bekasi sangat tinggi. Hal itu diungkapkannya karena banyak pegawai perusahaan swasta, pelajar di sekolah, dan pegawai pemerintah yang menggunakan batik Bekasi pada hari tertentu.
 
"Batik Bekasi sudah menjadi kebutuhan primer karena sering dipergunakan bagi warga maupun pegawai- pegawai kantor. Yang sebelumnya masih tersedia di beberapa lokasi dan itu kecil, tapi sekarang kita ingin satukan sehingga warga pun bisa mudah mengakses. Niatnya bisa menjadi pusat grosir Batik Bekasi seperti di pusat-pusat batik sperti Tamrin City, Trusmi Cirebon," katanya.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif