Pekandekandea, tradisi makan-makan khas suku Buton. Metro TV.
Pekandekandea, tradisi makan-makan khas suku Buton. Metro TV.

Newsline Metro TV

Pekandekandea, Tradisi 'Suap-suapan' Sarat Makna Khas Buton

MetroTV • 21 Oktober 2021 17:26
Baubau: Pemerintah Kota Baubau melaksanakan ritual adat Pekandekandea dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-480 Kota Baubau dan HUT Ke-20 Baubau sebagai daerah otonom pada Minggu, 17 Oktober 2021. Tradisi ini meliputi ritual makan bersama sebagai wujud syukur khas suku Buton.
 
"Tradisi ini telah dilaksanakan sejak masa kesultanan. Pada zaman dahulu digunakan untuk menyambut prajurit perang yang pulang ke Baubau," kata Kepala Dinas Kominfo Kota Baubau La Ode Darussalam, dalam tayangan Newsline Metro TV, Kamis, 21 Oktober 2021.
 
Pada zaman dulu, upacara meliputi kegiatan gadis Buton yang menyuapkan makanan ke prajurit selepas perang. Hal ini juga sebagai ajang pencarian jodoh bagi muda-mudi Buton.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pada era saat ini, menjadi suguhan kepada tamu yang datang," ungkap La Ode.
 
Kuliner khas Buton wajib terhidang di pagelaran ini. Diantaranya, Ayam Nasu Walio, Kue tradisional Baruasa, Onde-onde, dan sejumlah panganan khas Buton lainnya.
 
Pesta berlangsung meriah meski terdapat sejumlah pembatasan akibat pandemi covid-19. Tamu yang hadir terlihat antusias dilengkapi dengan pakaian adat khas Buton. (Mentari Puspadini)
 
(CIN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif