Vaksin covid-19 Moderna dinilai beri respons imun kuat untuk anak 6-11 tahun/AFP
Vaksin covid-19 Moderna dinilai beri respons imun kuat untuk anak 6-11 tahun/AFP

Kabupaten Empat Lawang Tolak Vaksin Moderna

Gonti Hadi Wibowo • 10 November 2021 14:30
Empat Lawang: Masyarakat di Kabupaten Empat Lawang, Sumatra Selatan, menolak vaksin Moderna. Penolakan lantaran banyak masyarakat mendapatkan efek samping usai disuntik vaksin Moderna.
 
"Warga yang menerima vaksin Moderna langsung demam tinggi selama tiga hari, termasuk saya," kata Bupati Empat Lawang, Joncik Muhammad, Rabu, 10 November 2021.
 
Joncik mengatakan pihaknya juga telah mengirimkan surat ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel untuk mengembalikan 6 ribu dosis vaksin Moderna di rumah sakit untuk digantikan vaksin Sinovac.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi saat ini kita hanya terima vaksin jenis Sinovac," ungkapnya.
 
Baca juga: Mayat Bocah Sumbat Selokan di Tapak Magetan, Warga Geger
 
Selain itu, pihaknya mengakui bahwa Empat Lawang menjadi salah satu daerah dengan realisasi vaksinasi paling rendah di Sumsel. Saat ini capaian vaksinasi di Empat Lawang baru 18,6 persen dosis pertama dan 9,5 persen dosis kedua.
 
"Rendahya realisasi vaksinasi karena geografis Empat Lawang didominasi perbukitan dan banyak warga yang masih menganggap covid-19 itu tidak ada," jelasnya.
 
Berdasarkan data Dinkes Sumsel hingga 8 November 2021, kasus konfirmasi positif covid-19 di Empat Lawang sejak awal pandemi tercatat sebanyak 380 orang. 
 
Dengan rincian, 343 pasien sembuh, 35 orang meninggal dunia, dan dua pasien masih menjalani isolasi mandiri.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif