NEWSTICKER
Sekolah Dasar 162 Palembang yang berada di atas rawa. Medcom.id/ Gonti Hadi Wibowo
Sekolah Dasar 162 Palembang yang berada di atas rawa. Medcom.id/ Gonti Hadi Wibowo

Pemkot Palembang Anggarkan Rp70 Miliar untuk Renovasi Sekolah

Nasional sekolah ambruk sekolah rusak
Gonti Hadi Wibowo • 12 November 2019 11:40
Palembang: Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang menganggarkan Rp70 miliar untuk memperbaiki sekolah rusak pada 2020 mendatang. Sekolah yang akan diperbaiki nanti mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).
 
Kasubag Perencanaan dan Pelaporan, Disdik Palembang, Nasikbun, mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menyiapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp70 miliar pada tahun depan. Dengan rincian ada sekitar 45 sekolah yang akan diperbaiki setiap tahunnya.
 
"APBD untuk perbaikan tahun depan itu ada Rp70 Miliar. Jumlah itu tidak jauh beda dari tahun 2019 ini, total lebih kurang ada 45 titik sekolah yang akan diperbaiki," kata Nasikbun saat dikonfirmasi, Selasa, 12 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nasikbun menjelaskan dari total perbaikan sekolah rusak di 45 titik tersebut, pihaknya akan fokus memperbaiki SD karena SMP saat ini kondisinya sudah lebih baik.
 
Apalagi menurut Nasikbun kondisi SD di Palembang saat ini banyak berada di daerah rawa. Hal ini yang membuat pihaknya kesulitan untuk memperbaiki sekolah rusak baik itu dalam sisi anggarannya.
 
"SD di Palembang sepertiganya itu berada di atas rawa dan dibawah sekolah itu ada air, itu yang membuat kita kesulitan perbaiki sekolah khususnya dalam segi anggaran. Jika APBD kurang, kita berharap dana dari pusat juga untuk membantu perbaiki sekolah rusak khususnya di daerah rawa," ujarnya.
 
Dalam mekanisme memperbaiki sekolah rusak, pihaknya telah mempunyai data perencanaan yang terdiri dari tim Disdik Palembana serta dari pihak sekolah bersangkutan yang ingin mengajukan perbaikan.
 
"Setelah itu tim kita akan melihat ke lapangan dan akan dilakukan survei apakah cocok sekolah itu diperbaiki atau tidak. Biasanya sekolah yang kita perbaiki itu dalam segi perbaikan ruangan, ruangan baru, halamannya yang tidak ada, atau sekolah akan ditingkatkan lagi," pungkas Nasikbun.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif