NEWSTICKER
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menghadiri secara langsung peletakan batu pertama pembangunan Museum HAM Munir di Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur, Minggu, 8 Desember 2019. Dokumentasi Pemprov Jatim
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menghadiri secara langsung peletakan batu pertama pembangunan Museum HAM Munir di Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur, Minggu, 8 Desember 2019. Dokumentasi Pemprov Jatim

Khofifah Ingin Museum HAM Munir Jadi Tempat Edukasi

Nasional hak asasi manusia munir
Daviq Umar Al Faruq • 09 Desember 2019 10:44
Batu: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meminta Museum HAM Munir dapat menjadi sebuah tempat literasi dan edukasi Demokrasi dan HAM bagi masyarakat luas. Khofifah mengatakan di museum tersebut masyarakat bisa secara dekat mengetahui bagaimana sejarah perjalanan demokrasi dan penegakan HAM di Indonesia.
 
"Keberadaan Museum HAM Munir menjadi bagaian penting sebagai penyampai informasi, edukasi, literasi sekaligus unsur rekreasi karena di desain dengan museum digital menggunakan augmanted reality," kata Khofifah saat peletakan batu pertama pembangunan Museum HAM Munir di Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur, Minggu, 8 Desember 2019.
 
Kegiatan ini juga dihadiri Ketua Komnas HAM RI, Akhmad Taufan Damanik, Istri almarhum Munir, Suciwati, Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, perwakilan kompolnas, LPKS dan lain-lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Khofifah menambahkan Museum HAM Munir bakal menguatkan sektor wisata di Kota Batu. Yakni destinasi wisata edukasi Demokrasi dan HAM.
 
"Museum ini juga menunjukkan bahwa Kota Batu menjadi salah satu referensi utama bagi pembangunan yang berkeadilan dan terbaik khususnya terkait pemerataan kesejahteraan dan rendahnya kemiskinan," jelas Khofifah.
 
Mantan Menteri Sosial ini menegaskan Pemprov Jawa Timur bakal mendukung keberadaan Museum HAM Munir agar menjadi multi fungsi. Salah satunya membantu pembiayaan pembangunan melalui APBD Provinsi Jawa Timur.
 
"Untuk lahan yang dipergunakan merupakan aset Pemkot Batu, sedangkan support yang diberikan Pemprov Jatim adalah dalam pembangunannya. Mekanisme pengelolaanya agar optimal dan memberi manfaat yang besar setelah bangunan ini selesei," pungkas Khofifah.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif