Ilustrasi. (Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja)
Ilustrasi. (Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja)

Bekasi Enggan Integrasikan KS-NIK dengan BPJS Kesehatan

Nasional BPJS Kesehatan
Gana Buana • 10 Desember 2019 13:06
Bekasi: Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, masih enggan mengintegerasikan layanan jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) Kartu Sehat berbasis Nomor Induk Kependudukan (KS-NIK) dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Sebab, anggaran untuk integrasi layanan dianggap kurang efisien.
 
“Kalau DKI Jakarta dengan APBD yang besar bisa, kalau kita cari efektif dan efisiennya,” ungkap Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Selasa, 10 Desember 2019.
 
Rahmat menjelaskan, dalam perhitungannya, saat besaran iuran BPJS Kesehatan masih di angka Rp23 ribu, pemerintah harus menyiapkan dana sebesar Rp580 miliar untuk menanggung pembayaran iuran. Namun, dengan KS-NIK, anggaran yang dibutuhkan pemerintah untuk menanggung peserta hanya Rp380 miliar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kalau diintegrasikan KS-NIK dan BPJS itu bisa saja, tapi dengan iuran Rp23 ribu kita masih lost Rp200 miliar, lebih baik anggarannya buat bikin Puskesmas dan dalam satu tahun hanya habiskan sekitar Rp35 miliar,” jelas Rahmat.
 
Menurut Rahmat, pemerintah berusaha memberikan pelayanan kesehatan yang cepat dan tata kelola anggaran lebih bagus. Di sisi lain, Pemerintah juga tak lupa membayarkan iuran untuk masyarakat yang tergolong Penerima Bantuan Iuran (PBI) di Kota Bekasi.
 
“Tetap kita bayarkan ada sekitar 500 ribu orang lebih, mereka dibayarkan iurannya dari pemerintah pusat, provinsi, dan kota,” kata dia.
 
Ia menambahkan saat ini jumlah PBI di Kota Bekasi sebanyak 395.754 jiwa, sedangkan peserta PBI provinsi Jawa Barat dan Kota Bekasi ada sekitar 12.833 jiwa. Pada 2019 ada penambahan sekitar 122.247. Sehingga total jumlah seluruh masyarakat PBI di Kota Bekasi ada sekitar 518.001 jiwa.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif