Temuan peluru di drainase sudut kota Yogyakarta. (Foto: Medcom.id/Patricia Vicka)
Temuan peluru di drainase sudut kota Yogyakarta. (Foto: Medcom.id/Patricia Vicka)

Temuan Peluru di Drainase Yogyakarta Diselidiki

Nasional peluru penemuan senjata api
Patricia Vicka • 18 Oktober 2019 13:57
Sleman: Kadiv Humas Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kombes Yulianto memastikan pihaknya menyelidiki ratusan butir peluru aktif yang ditemukan di salah satu drainase. Termasuk menemukan pelaku dan motif pelaku meletakkan peluru.
 
"Sampai saat ini kami belum mengetahui pelaku dan motif meletakkan peluru di situ. Masih kami selidiki," ujar Yuli, di Yogyakarta, Jumat, 18 Oktober 2019.
 
Menurut Yuli, penyidik saat ini tengah mencari kemungkinan pembuangan peluru terekam kamera pengawas di sekitar lokasi. Pihaknya juga mulai memeriksa sejumlah saksi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami belum bisa menduga siapa kelompok atau jaringan di baliknya. Nanti akan kami selidiki usai pelakunya terungkap," tegas Yuli.
 
Selain itu, ia juga enggan berspekulasi apakah peluru-peluru itu akan digunakan untuk mengacaukan situasi di wilayah Yogyakarta jelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.
 
Yuli menambahkan Polda DIY belum menemukan dugaan pergerakan jaringan terorisme atau aksi massa.
 
"Jogja masih landai dan aman. Belum ada izin aksi massa ke tempat kami. Hanya izin pawai budaya di Malioboro, 19 Oktober 2019," pungkas dia.
 
Peluru aktif yang ditemukan pada Kamis, 17 Oktober berjumlah 119 buah. Seluruh peluru sudah diangkut ke markas tim Gegana Sat Brimob Polda DIY.
 
Panit Gegana Polda DIY Ipda Maryono mengatakan peluru yang ditemukan masih aktif dan dikhususkan untuk senjata laras pendek. Tim penjinak bom Gegana Polda DIY juga masih menyelidiki asal usul dan pemilik ratusan peluru aktif tersebut.
 
"Peluru ini untuk senjata jenis FN. Kaliber 9 milimeter. Ada juga beberapa peluru yang diameternya lebih besar," kata Maryono.
 
Tim jibom Gegana Polda DIY masih terus menyelidiki asal usul dan pemilik ratusan peluru aktif ini

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif