Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Ahmad Mustofa Kamal. ANT/Evarukdijati
Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Ahmad Mustofa Kamal. ANT/Evarukdijati

Kronologi Penangkapan Pentolan KKB Demius Magayang

Media Indonesia.com • 28 November 2021 09:05
Jayapura: Tim Satgas Nemangkawi berhasil menangkap buron Komandan Operasi KKB Kodap XVI Wilayah Yahukimo, Demius Magayang alias Temius Magayang, pada Sabtu, 27 November 2021.
 
Dari informasi yang didapat, penangkapan itu terjadi di PT Indopapua, jalan gunung Distrik Dekai, Yahukimo, pada pukul 10.40-12.45 WIT.
 
Tim Satgas dipimpin langsung oleh Katim Satgas-i Unit Yahukimo AKP I Nengah S Gapar, bersama dengan Dantim 3 Satgas Gakum Nemangkawi Ipda Syarudin, serta gabungan Pesonel Polres Yahukimo dan Satgas Nemangkawi yang berjumlah 22 orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kasatgas Humas Nemangkawi, Kombes Kamal Mustofa, menjelaskan kronologi awal penangkapan DPO pimpinan KKB itu.
 
Baca juga: Bunuh Selingkuhan Istri, Pria di Bukittinggi Diringkus Polisi
 
"Awalnya, tim gabungan Polres Yahukimo serta Satgas Nemangkawi melakukan pengecekan dan bergerak menuju lokasi sasaran di wilayah PT Indopapua. Pukul 11.40 WIT, tim tiba di lokasi dengan menggunakan truk. Kendaraan yang ditumpangi tim pun pura-pura mogok di tengah jalan," tutur Kamal, Minggu, 28 November 2021.
 
Kemudian, ia melanjutkan, pukul 11.50 WIT, terlihat mobil yang ditumpangi oleh Demius Magayang alias Temianus melintas di TKP dan tim langsung melakukan penangkapan terhadap Demius dan keempat orang lainnya.
 
"Tim bergerak dari lokasi TKP menuju Polres Yahukimo guna dilakukan pemeriksaan awal," kata Kamal.
 
Selanjutnya, Demius langsung dibawa ke RSUD Dekai untuk mendapatkan perawatan medis. Pasalnya, Kepala Operasi KKB Kodap XVI Wilayah Yahukimo Demius itu mengalami luka tembak pada lipatan lutut belakang sebelah kiri, dan pergelangan kaki bagian bawah sebelah kiri.
 
Baca juga: Pentolan KKB Temianus Terlibat Pembunuhan Staf KPU Yahukimo
 
Kamal mengatakan pihaknya berhasil mengamankan satu pucuk senjata api pendek rakitan dan delapan butir amunisi terdiri dari kaliber 5,56 sebanyak tujuh butir dan kaliber 7,62 satu butir.
 
"Demius Magayang, merupakan Komandan Operasi KKB Kodap XVI Wilayah Yahukimo dan sekaligus DPO rentetan kasus pembunuhan di Distrik Dekai," jelas dia.
 
Demius disebut terlibat penganiayaan berat terhadap Staf KPUD Yahukimo alm arhum Henry Jovinski. Ia juga terlibat pembunuhan di jalan bandara pada 18 Mei 2021.
 
Tak hanya itu, Demius juga jadi tersangka pembunuhan dua anggota Satgas Pamrahwan 432/SWJ di ujung bandara nop goliat Dekai.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif