Menparekraf Sandiaga Uno. (Istimewa)
Menparekraf Sandiaga Uno. (Istimewa)

Menparekraf Ajak Warga Jember Jadi Pengusaha Kopi dan Cokelat

Lukman Diah Sari • 08 Agustus 2022 21:13
Jember: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menghadiri pelatihan barista kopi dan cokelat di Jember, Jawa Timur. Sandiaga mengajak warga Jember untuk membuka peluang bisnis kopi dan cokelat.
 
Menparekraf mengatakan Jember merupakan daerah penghasil kopi dan kakao yang unggul. Hal ini bisa menjadi modal untuk masyarakat meningkatkan penghasilan.
 
"Jember punya beragam produk perkebunan kopi dan cokelat dan ini merupakan komoditas ekspor yang sangat besar, jika ditingkatkan nilai ekonominya akan sangat tinggi," ujar Sandiaga dalam keterangan tertulis yang diterima pada Senin, 8 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sandiaga menerangkan pelatihan barista kopi dan cokelat ini sebagai edukasi untuk pelaku usaha kecil membuka bisnis. Selain itu, diharapkan bisa menambah lapangan pekerjaan.
 
"Profesi barista kopi dan kakao ini merupakan pelaku kreatif, mereka ini sekarang membuka peluang usaha dan lapangan kerja, targetnya total 1,1 juta lapangan kerja baru," kata Sandiaga.

Baca: Sandiaga Uno: Wisata Sejarah Masuk Tourism Working Group G20


Salah satu peserta pelatihan Reny Widya Lestari mengaku sangat terbantu dengan ikut pelatihan. Ia bersemangat untuk membuka usaha di bidang kopi dan kakao.
 
"Di pelatihan ini kami diberikan nilai lebih bagaimana caranya membuka usaha tidak sekadar warung kopi tapi usaha dengan standar kafe dan lapangan kerja," ujar Reny.
 
Reny juga sangat termotivasi dengan kedatangan Sandiaga dalam pelatihan. Ia menilai Sandiaga termasuk pengusaha sukses yang menginspirasi pelaku usaha kecil.
 
"Pak Sandi pengusaha berpengalaman dan sukses, sosok beliau benar-benar dibutuhkan di masa saat ini, saya tidak ragu mendukung Pak Sandi menjadi Presiden 2024," kata Reny.
 
(LDS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif