Ibu Negara Iriana melakukan kunjungan kerja ke Palembang, Sumsel, didampingi oleh Wury Ma'ruf Amin, dan anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), Kamis, 24 November 2022 (Foto:Dok.Pemprov Sumsel)
Ibu Negara Iriana melakukan kunjungan kerja ke Palembang, Sumsel, didampingi oleh Wury Ma'ruf Amin, dan anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), Kamis, 24 November 2022 (Foto:Dok.Pemprov Sumsel)

Ibu Negara Borong Produk UMKM Sumsel

Rosa Anggreati • 28 November 2022 18:34
Palembang: Pada kunjungan kerja di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Ibu Negara Iriana Joko Widodo membeli banyak produk UMKM setempat.
 
Kedatangan Iriana disambut langsung oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru didamping Ketua TP PKK Sumsel Hj Febrita Lustia HD, Kamis, 24 November 2022.
 
Kedatangan Ibu Negara Iriana didampingi oleh Wury Ma'ruf Amin dan para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setibanya di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Kota Palembang, Iriana, Wury, dan para anggota OASE KIM disambut Gubernur Herman Deru dan Hj Feby Deru, istri Pangdam II/SWJ Hesty Hilman Hadi, istri Kapolda Sumatra Selatan Evi Rachmad Wibowo, dan istri Danlanud SMH Monika Sigit yang ditandai dengan prosesi pengalungan bunga dan  tarian "Gending Sriwijaya"  sebagai tanda ucapan selamat datang dari warga Sumsel.
 
Selama di Kota  Palembang Ibu Negara Iriana  didampingi Ketua TP PKK Sumsel Hj Febrita Lustia HD mengujungi  PAUD Asuhan Bunda II yang diisi dengan sosialisasi pilah sampah, gerakan cuci tangan pakai sabun, hingga bermain dan belajar bersama anak-anak dengan PAUD.
 
Selanjutnya, rombongan diajak Hj Feby Deru menuju Griya Agung rumah dinas Gubernur Sumsel. Setibanga di Griya Agung ibu negara dan rombongan  melakukan penanaman pohon bersama di halaman Rumah Dinas Gubernur Sumsel.
 
Usai melakukan penanaman pohon  Hj Iriana Jokowi dan Hj Wury Ma'ruf Amin beserta  rombongan meninjau kegiatan Sosialisasi Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS). 
 
Ibu Negara Borong Produk UMKM Sumsel
(Foto:Dok.Pemprov Sumsel)
 
Pada kesempatan tersebut, Hj Iriana Jokowi  mengajak seluruh kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan kader posyandu untuk terus menyosialisasikan SADARI dan SADANIS.
 
"Sosialisasikan SADARI dan SADANIS kepada keluarga maupun masyarakat dalam rangka pengentasan kanker payudara harus gencar dilakukan," ucap Iriana.
 
Sementara itu Istri Menteri Kesehatan RI, Ida Sadikin menegaskan OASE akan terus membantu pemerintah dalam mengentaskan masalah kanker panyudara di Indonesia.
 
"Kami mendapatkan arahan dari Ibu Negara untuk melakukan edukasi ke seluruh masyarakat agar kita semua bisa melakukan SADARI. Pemerintah tidak bisa mengupayakan sendiri, harus ada perpanjangan tangan dari kami OASE kepada ibu-ibu semua sebagai kader posyandu yang insyaallah akan membantu pemerintah, membantu program OASE supaya kita bisa mengentaskan masalah kanker payudara di Indonesia," tutur Ida Sadikin.
 
Usai melakukan sosialisasi SADARI dan SADANIS Hj Iriana Jokowi dan rombongan melihat dari dekat pelatihan kerajinan anyaman bambu, dan tenun kain songket, serta meninjau pameran kerajinan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Daerah Provinsi Sumatera Selatan.
 
Antusiasme Hj Iriana Jokowi Hj Wury Ma'ruf Amin begitu terlihat ketika menyaksikan dari dekat kepiawaian para  pengrajin anyaman, bambu, dan tenun kain songket  di Pendopo Griya Agung, Rumah Dinas Gubernur Sumatera Selatan, ditempat ini  para anggota OASE KIM juga menyaksikan peragaan busana karya Wastra Palembang dan sejumlah busana daerah yang juga dipajang disejumlah stand  pameran Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Daerah  Provinsi Sumatera Selatan.
 
Ibu Negara Borong Produk UMKM Sumsel
(Foto:Dok.Pemprov Sumsel)
 
Satu per satu stand yang memajang hasil kerajinan IKM, UMKM Sumsel menambah kekaguman Ibu Negara akan kualitas dan corak produk lokal Sumsel. Bahkan ibu negara dan rombongan memborong sejumlah produk termasuk songket koleksi Kriya Sriwijaya  Palembang dengan transaksi dengan pembayaran secara digital QRIS.
 
Di bagian akhir rangkaian kunker di Palembang ibu negara beserta rombongan menuju The Sultan Convention Center untuk melakukan sosialisasi literasi digital dan anti narkoba. Dalam kesempatan itu Hj  Iriana menyapa seluruh peserta yang terdiri dari siswa-siswi SMP dan SMA.
 
"Tadi pastinya sudah tahu semua pengetahuan tentang narkoba, tentang memilah sampah. Ini tadi dari jam berapa? Saya berangkat dari Bogor jam 6 untuk menghadiri dan ketemu dengan adik-adik semua yang ada di sini," tutur Hj Iriana.
 
Dengan didampingi  Hj Wury Ma'ruf Amin, Hj Iriana Jokowi  mengulas sedikit terkait materi yang didapatkan dengan mengajukan sejumlah pertanyaan kepada seluruh siswa-siswi mengenai pencegahan narkoba. Para peserta pun dengan antusias mengajukan diri untuk menjawab pertanyaan Ibu Iriana.
 
Pada kesempatan terpisah, Ketua Bidang 3 OASE KIM,  Loemongga Kartasasmita menyampaikan materi d tema "Generasi Muda Bebas Narkoba, Makin Kreatif, Cakap Digital, dan Bijak Pilah Sampah" dikemas dalam bentuk gelar wicara bersama para narasumber yang sesuai dengan tema yang diangkat. 
 
Menurut Loemongga, dalam gelar wicara tersebut tiga topik yang dibahas bersama antara lain mengenai antinarkoba, literasi digital, dan pemilahan sampah. 
 
"Untuk giat di Palembang ini yang diadakan adalah, talkshow mengenai literasi digital kemudian menyinggung sedikit tentang pemilahan sampah kemudian juga sosialisasi narkoba," ujarnya.
 
(ROS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif