Ilustrasi
Ilustrasi

Pemprov Kalteng Canangkan Germas Hidup Sehat

Nasional kampanye hidup sehat
Antara • 21 Mei 2017 13:12
medcom.id, Palangka Raya: Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mencanangkan Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat di Palangka Raya. Gerakan ini dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan kesadaran menjaga kesehatan.
 
"Kita harapkan pencanangan Germas ini mampu meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam melakukan gerakan preventif dan promotif pencegahan penyakit, terutama yang tidak menular," kata Kepala Dinkes Kalteng Suprastija Budi di kawasan Bundaran Besar, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Minggu 21 Mei 2017.
 
Suprastija mengatakan, peran masyarakat dalam menjaga kesehatan pribadi sangat penting. Apalagi angka kematian akibat penyakit tidak menular di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai dan Bumi Pancasila ini terus meningkat. Penyakit tak menular yang dimaksud, di antaranya serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Peran seluruh elemen masyarakat dan kerja sama multi segmental sangat diperlukan untuk menurunkan risiko penyakit tersebut," katanya.
 
Pencanangan ditandai dengan penandatanganan komitmen Germas Hidup Sehat oleh Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Yuel Tanggara. Acara juga dirangkai dengan kegiatan jalan sehat, senam, gerakan makan buah dan sayur, pemeriksaan kesehatan dan konsultasi kesehatan khusus penyakit tidak menular secara gratis, serta panggung hiburan.
 
Warga Palangka Raya nampak antusias mengikuti berbagai kegiatan. Namun, yang paling diminati adalah acara jalan sehat karena menyajikan berbagai hadiah, mulai dari sepeda kayuh, lemari pendingin, hingga satu unit rumah sebagai hadiah utama.
 
Direktur Kesehatan dan Olahraga Kemenkes Kartini Rustanti berharap, Germas Hidup Sehat yang dilaksanakan di Kota Palangka Raya dapat diikuti kabupaten lain di wilayah Kalimantan Tengah. "Pencanangan ini bukan hanya acara seremomi melainkan berdampak nyata pada
peningkatan kualitas hidup sehat warga Kalteng," katanya.
 

(NIN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif