Acara larung sesaji kepala kerbau dilepas ke tengah laut kembali dibuka untuk umum setelah 2 tahun dilakukan tertutup akibat pandemi covid-19. Metro TV
Acara larung sesaji kepala kerbau dilepas ke tengah laut kembali dibuka untuk umum setelah 2 tahun dilakukan tertutup akibat pandemi covid-19. Metro TV

Metro Siang

Pesta Lomban, Tradisi Masyarakat Jepara Saat Syawalan

Nasional tradisi jawa tengah Metro Siang Lebaran 2022 Syawal
MetroTV • 10 Mei 2022 16:53
Jepara: Tradisi sedekah laut kembali digelar di Jepara, Jawa Tengah, dalam rangkaian 'Pesta Syawalan' yang dilakukan 7 hari setelah perayaan idulfitri. Acara larung sesaji kepala kerbau dilepas ke tengah laut kembali dibuka untuk umum setelah 2 tahun dilakukan tertutup akibat pandemi covid-19.
 
Tradisi pada bulan Syawal ini dikenal sebagai Pesta Lomban. Pesta yang diikuti ratusan nelayan dan ribuan warga ini digelar di Ujungbatu, Jepara. Larung kepala kerbau sendiri merupakan tradisi turun temurun dari nenek moyang.
 
Tradisi ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas keselamatan dan hasil laut yang diberikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Jadi kita mensyukuri nikmat Tuhan dengan bersedekah. Ini bersedekah dari seluruh lapisan masyarakat khususnya nelayan dengan bantuan pemerintah daerah,” ujar Bupati Jepara Dian Kristiandi dalam tayangan Metro Siang di Metro TV, Selasa, 10 Mei 2022. 
 
Momen ini selalu ditunggu nelayan untuk memperebutkan sesaji yang dilarung, seperti tikar, kain mori, serta sesaji lainnya. Nelayan meyakini barang-barang yang diperebutkan bisa membawa keberuntungan saat mencari ikan.
 
Setelahnya acara ini, nelayan mencuci kapalnya dengan air laut dan berharap mendapat limpahan rezeki pada tahun ini. 
 
Usai pelaksanaan Pesta Lomban, warga Jepara akan melakukan Festival Kupat Lepet yang memiliki arti saling memaafkan. Gunungan kupat yang sudah didoakan akan menjadi rebutan warga.
 
Sementara itu, Pesta Lomban dan Festival Kupat Lepet juga diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. (Fatha Annisa)

 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif