Stok cukup, harga daging tetap naik jelang Lebaran. Foto: Dok/Metro TV
Stok cukup, harga daging tetap naik jelang Lebaran. Foto: Dok/Metro TV

Stok Cukup, Harga Daging Tetap Naik Jelang Lebaran

Nasional daging Harga Daging Lebaran 2022
MetroTV • 23 April 2022 22:19
Semarang: Jelang Lebaran harga daging di sejumlah daerah mengalami kenaikan mulai Rp20.000 hingga Rp30.000. Harga ini diperkirakan akan terus naik meskipun tidak drastis. Sementara itu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta kepala daerah mengecek harga di pasaran atas dugaan kenaikan sepihak oleh distributor.
 
Di Pasar Tanjung Jember, Jawa Timur harga daging sapi dan daging kambing mengalami kenaikan hingga mencapai Rp150.000/kg dari harga sebelumnya di kisaran Rp110.000-Rp120.000/kg. Hal ini dilaporkan memicu turunnya minat pembeli yang telah mengetahui kenaikan harga sudah mulai terjadi.
 
Selain harga daging sapi dan kambing, harga daging ayam juga diprediksi terancam naik. Para pedagang mengaku tidak tahu penyebab kenaikan harga daging padahal stok daging terbilang aman dan terpenuhi. Sedangkan warga mengeluh dengan sejumlah kenaikan harga yang terjadi saat Lebaran masih beberapa hari lagi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal serupa terjadi di Kabupaten Banyumas, di Pasar Manis Purwokerto, Jawa Tengah. Harga daging sapi yang awalnya dijual Rp120.000/kg naik menjadi Rp150.000/kg per Jumat, 22 April 2022 kemarin. Menurut pedagang tradisional kenaikan harga berasal dari rumah pemotongan hewan yang memang sudah mematok harga tinggi.
 
Tingginya harga daging dari rumah pemotong juga membuat para pedagang mengurangi jumlah pembelian mereka. Pedagang menduga kenaikan harga ini terjadi akibat tingginya permintaan daging jelang Lebaran.
 
Di sisi lain Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta bupati turun langsung ke lapangan terkait surat dari asosiasi pedagang daging yang menaikan harga secara sepihak.
 
“Biar Pak Bupati yang mengecek harga daging karena tadi ada asosiasi yang mengirimkan ke pedagang kalau per hari ini harganya naik Rp20.000. Itu harga yang cukup tinggi sehingga pembeli juga takut untuk membeli. Nanti dicek masalahnya apa dan kenapa tiba-tiba naik,” ujar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam tayangan Metro Siang, Sabtu, 23 April 2022. (Fatha Annisa)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif