Ilustrasi Medcom.id
Ilustrasi Medcom.id

Warga Biak Berlarian Saat Gempa 5,8 Magnitudo Guncang Kepulauan Yapen

Nasional gempa Papua Gempa Bumi BMKG
Antara • 17 April 2022 15:02
Biak: Sejumlah warga di Kabupaten Biak Numfor, Papua berlarian berhamburan keluar rumah guna menghindari getaran gempa bumi di Kabupaten Yapen dengan magnitudo 5,8 pada Minggu pukul 14.49 WIT. 
 
"Getaran gempa cukup terasa di Biak sehingga kami keluar rumah menghindari dampak gempa," ucap Handayani seorang warga Biak saat ditemui di depan rumahnya Minggu siang, 17 Februari 2022.
 
Andrian warga Biak lain mengakui, getaran gempa kepulauan Yapen sangat terasa juga warga di Biak. "Keluarganya ikutan berlarian keluar rumah untuk menghindari gempa bumi yang getarannya sangat terasa di Biak,"ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setyo Prayitno dalam keterangan tertulis menyebutkan, gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.
 
Baca: Gempa 5,8 Magnitudo Guncang Kepulauan Yapen, Papua
 
Ia menambahkan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo magnitudo 5,5. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,39 Lintang Selatan, 136,99 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 39 kilometer arah timur Aimando Padaido, Biak Numfor, Papua pada kedalaman 35 kilometer
 
Berdasarkan laporan BMKG, pusat gempa itu berada di laut pada kedalaman 10 kilometer di koordinat 1,24 Lintang Selatan dan 137,04 Bujur Timur, sekira 111 kilometer Timur Laut Kepulauan Yapen.
 
Gempa yang menurut BMKG tidak berpotensi menimbulkan tsunami itu getarannya dirasakan di Biak pada skala II sampai III MMI dan di Serui pada skala III MMI
 
Hingga saat ini belum dapat diperoleh adanya laporan adanya dampak gempa bumi magnitudo 5,8 yang dialami warga Biak.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif