Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin memberikan anugerah ke Pemprov Banten yang diterima oleh Gubernur Banten Wahidin Halim yang diserahkan secara virtual.
Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin memberikan anugerah ke Pemprov Banten yang diterima oleh Gubernur Banten Wahidin Halim yang diserahkan secara virtual.

Anugerah Keterbukaan Informasi Publik, Banten Raih Kategori Informatif

Nasional pemerintah daerah banten maruf amin
Hendrik Simorangkir • 26 November 2020 08:36
Tangerang: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten meraih kategori informatif pada anugerah keterbukaan informasi publik oleh Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia. Anugerah diterima oleh Gubernur Banten Wahidin Halim yang diserahkan secara virtual oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.
 
"Saya apresiasi kerja keras PPID Utama Pemprov Banten yang sudah memberikan keterbukaan informasi dan masyarakat bisa menilainya sendiri," ujar Wahidin, Rabu, 25 November 2020. 
 
Wahidin menambahkan, Pemprov Banten terus mendorong dengan memberikan dukungan keterbukaan informasi publik. Sehingga masyarakat dapat memanfaatkan haknya untuk mendapatkan informasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistika dan Persandian Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati, menuturkan kategori informatif dalam keterbukaan informasi publik merupakan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2020. 
 
"Tantangan keterbukaan informasi Pemprov Banten tahun ini memang meraih kategori informatif dengan rentang nilai antara 90-100, dan yang terpenting adalah dukungan penuh dan political will dari pimpinan serta hal ini telah sesuai dengan visi dan misi Gubernur Banten Wahidin Halim dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy," jelas Eneng. 
 
Baca: Herman Deru Janjikan Reward Kepala Daerah Inovatif
 
Sementara itu, Kepala Bidang Aplikasi Informatika dan Komunikasi Publik Diskomifo Pemprov Banten Amal Herawan Budhi menjelaskan, sesuai RPJMD 2020, Provinsi Banten menargetkan informatif pada keterbukaan informasi publik.
 
"Beberapa inovasi yang dilakukan dalam layanan informasi publik adalah mengembangkan aplikasi berbasis mobile, penyeragaman standardisasi website pada menu PPID OPD, hingga penyediaan penyimpanan dokumen yang teratur, terstruktur, besar, dan terpisah dari website yaitu document management system (DMS) sehingga dapat berbagi data informasi antara PPID Utama dan PPID Pembantu," tutur Amal.
 
Dalam upaya kolaborasi mencapai target informatif, PPID Utama rutin melakukan bimbingan teknis peningkatan kapasitas pelayanan dan peningkatan kapasitas integrasi sistem satu data kepada PPID OPD. Rapat koordinasi dengan PPID OPD, PPID SMA/SMK/SKh terkait peningkatan layanan, serta rapat koordinasi dengan PPID kabupaten/kota terkait kendala layanan. 
 
Focus Grup Discussion (FGD) dalam menyusun daftar informasi publik dan penyusunan informasi yang dikecualikan. PPID Utama setiap bulan melakukan monitoring dan evaluasi informasi dalam website OPD.
 
"Melalui website dan aplikasi mobile PPID Provinsi Banten, turut mendorong keterbukaan informasi publik di Provinsi Banten untuk menuju tata kelola pemerintahan yang baik, transparan dan akuntabel," katanya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif