Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Testing Covid-19 di Lampung Disebut Masih Rendah

Nasional Virus Korona covid-19
Lampost • 12 November 2020 16:17
Bandar Lampung: Salah satu upaya yang dilakukan untuk penanganan covid-19 adalah menggencarkan testing. Namun jumlah testing di Lampung masih terbilang rendah.
 
"Selama lima bulan masa pandemi, testing yang dilakukan baru 15 ribu atau rata-rata 3.000 per bulan," ujar Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Bandarlampung, dr Aditya M Biomed, melansir Lampost, Kamis, 12 November 2020.
 
Menurutnya, angka tersebut masih jauh ketimbang jumlah penduduk Lampung yang mencapai 9 juta jiwa. Dia mengungkap, pendeteksian yang dilakukan tidak maksimal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena jumlah testingnya rendah, ini mempengaruhi jumlah tracing yang dilakukan menjadi rendah," ungkapnya.
 
Baca:3 Daerah di Sulsel Bersiap Sekolah Tatap Muka
 
Ia menambahkan, persoalan lainnya terkait kapasitas tempat tidur ruang isolasi. Saat ini delapan dari 10 rumah sakit rujukan di Bandar Lampung penuh.
 
Menurutnya, pemerintah harus bisa menyiapkan tempat khusus bagi pasien yang tak bergejala hingga ringan. Kemudian, diperlukan juga tempat isolasi bagi tenaga kesehatan yang menangani pasien.
 
"Pemerintah harus menyiapkan tempat isolasi khusus, ironis jika para petugas penanganan malah tak bisa mengakses fasilitas isolasi jika tertular covid-19," ucapnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif