Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Warga Aceh Diminta Mewaspadai Angin Kencang dan Hujan Petir

Nasional cuaca ekstrim
Antara • 10 Mei 2019 17:31
Banda Aceh: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di wilayah Aceh mewaspadai potensi angin kencang disertai hujan, dan petir dengan durasi singkat pada pekan ini.
 
"Ini masa peralihan, dari angin timur ke barat. Khusus di Aceh, angin baratan itu meningkat dengan kecepatan 10 sampai 40 kilometer per jam di laut, sedangkan di darat sudah mulai berkurang," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Aceh, Zakaria Ahmad saat dikonfirmasi, Jumat, 10 Mei 2019.
 
Zakaria menjelaskan, akibat kondisi itu sebagian wilayah di Aceh bakal dilanda hujan dan petir, seperti Aceh Tamiang, Aceh Timur, Aceh Utara, Bireuen, Bener Meriah, Aceh Tenggara, Subulussalam, Lhokseumawe, Pidie Jaya, Pidie, dan Aceh Besar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan wilayah di Barat-Selatan Aceh diperkirakan masih cerah berawan. "Ini disebabkan uap air (Barat-Selatan) terbawa angin kencang menuju ke daerah hujan. Angin itu melambat akibat adanya belokan arah angin di wilayah Utara-Timur dan Tengah Aceh, sehingga hujan pun turun," jelas Zakaria.
 
Zakaria mengatakan, pengguna transportasi laut dan para nelayan di perairan provinsi ini supaya mewaspadai gelombang tinggi yang meliputi Sabang-Banda Aceh, Barat-Selatan, Samudera Hindia Barat Aceh dan sekitarnya mencapai tiga meter lebih.
 
Bagi mereka yang tinggal di daerah pesisir Barat Aceh agar mewaspadai abrasi pantai disebabkan air pasang, dan tingginya kecepatan angin bisa menghempaskan hingga ke wilayah daratan.
 
"Nelayan kami imbau berhati-hati melaut, karena gelombangnya bisa meningkat secara tiba-tiba akibat adanya angin kencang," pungkas Zakaria.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif