ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Jabar Siapkan 158 Titik Penyekatan Pemudik

Nasional Mudik Lebaran pandemi covid-19 protokol kesehatan Ramadan 2021
Roni Kurniawan • 05 Mei 2021 12:27
Bandung: Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiapkan 158 titik penyekatan yang tersebar di berbagai wilayah menjelang Idulfitri 1442 Hijriah. Titik penyekatan sebagai upaya untuk menghalau warga yang nekat mudik.
 
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan titik penyekatan juga disebar di jalan tikus yang kerap digunakan masyarakat untuk mudik. Pasalnya, jalan tikus akan menjadi jalur dimanfaatkan pemudik.
 
"Ada 158 titik penyekatan termasuk jalan-jalan tikus. Sudah diatur oleh tim TNI-Polri. Yang 158 itu termasuk arteri dan jalan tikus. Pak Kapolda yang menyiapkan semuanya," ujar Emil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu, 5 Mei 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Polisi Mulai Jaga Pos Pengamanan Pukul 24.00 WIB
 
Emil berpesan agar Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri mengantisipasi pemudik yang hendak memanfaatkan waktu istirahat para petugas. Hal itu diakui Emil akan menjadi celah bagi pemudik untuk melintasi jalur penyekatan
 
"Saya titip ke Kapolda ada perbincangan di Medsos mereka curi-curi waktunya petugas mungkin lagi istirahat. Makanya 24 jam itu gantian," sambungnya.
 
Sementara itu, Emil memprediksi masih ada masyarakat yang tetap nekat mudik meski telah diberlakukan pelarangan. Sekitar 400 ribu pemudik diprediksi akan lolos dari penyekatan dengan memanfaatkan kelengahan petugas.
 
"Kita harapkan yang biasanya Jawa Barat itu mudik 6 juta orang di zaman normal, itu bisa kita minimalisir semaksimal mungkin karena masih ada teorinya 7 persen. Jadi kalau 7 persen kali 6 juta ada sekitar 400 ribuan," ungkapnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif