Ilustrasi bangunan tugu di wilayah Kota Yogyakarta. Medcom.id-Ahmad Mustaqim
Ilustrasi bangunan tugu di wilayah Kota Yogyakarta. Medcom.id-Ahmad Mustaqim

DIY Bersiap Sambut Kembali Wisatawan

Nasional Virus Korona
Antara • 18 Mei 2020 14:18
Yogyakarta: Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersiap menyambut kembali kedatangan wisatawan menyongsong situasi new normal atau tatanan kehidupan baru yang dijalani selama dan setelah pandemi covid-19. Standar operasional prosedur (SOP) kegiatan pariwisata tengah disiapkan untuk pengelola destinasi maupun wisatawan.
 
"Umpamanya pandemi ini tidak selesai-selesai ya tidak mungkin kita mau tutup terus," kata
Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, melansir Antara, Senin, 18 Mei 2020.
 
Dia menerangkan, pemulihan kegiatan pariwisata di Kota Gudeg harus menyesuaikan dengan kondisi dan SOP anyar. Dia mengaku upaya pemulihan kesiapan pelaku wisata harus dimulai dari sekarang, sembari menunggu kebijakan resmi pemerintah pusat dan daerah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Siap tidak siap kalau kebijakan muncul kita menyiapkan dari sekarang," ucapnya.
 
Baca:Jokowi Perintahkan Gugus Tugas Tingkat Daerah Diperkuat
 
Dia mengaku dengan menggandeng Bank Indonesia (BI), Dispar DIY menyiapkan kapasitas pegawai pariwisata melalui pelatihan secara daring. Selain itu, Pemda DIY juga memberikan bantuan sarana prasarana kebersihan bagi destinasi wisata sesuai protokol kesehatan.
 
"Kami sedang menyiapkan 240 tempat cuci tangan yang ada di 50 destinasi wisata dan insyaallah sebelum Mei sudah selesai," terangnya.
 
Dia menuturkan upaya promosi wisata mulai digencarkan melalui video atau sarana lainnya. Hanya saja konten promosi belum berisi ajakan untuk mengunjungi Yogyakarta.
 
"Kami membersihkan destinasi, memperbaiki destinasi, penambahan kebersihan dan fasilitas cuci tangan. Itu akan kami sampaikan di dalam video sehingga calon wisatawan yang nanti akan datang ke Yogyakarta nanti sudah merasa nyaman," tandasnya.
 

(LDS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif