Ilustrasi banjir, Metrotvnews.com
Ilustrasi banjir, Metrotvnews.com

Bantul Waspadai Banjir Kiriman dari Sleman dan Kota Yogya

Nasional ancaman banjir
Ahmad Mustaqim • 16 Januari 2017 08:48
medcom.id, Bantul: Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Dwi Daryanto mengimbau masyarakat waspada banjir yang berpotensi di puncak musim hujan 2017. Ia mengatakan topografi kawasan hilir sungai atau jalur yang bisa dilewati air kini telah menjadi permukiman.
 
"Apabila kawasan (sungai) di Sleman dan Kota Yogya mulai banjir atau air meluap, Bantul harus juga berhati-hati," kata Dwi melalui sambungan telepon, Minggu (15/1/2017).
 
Dwi menjelaskan, kewaspadaan juga perlu ditingkatkan dalam hal potensi bencana longsor dan angin kencang. Longsor, kata Dwi, bisa terjadi pula di kawasan pinggir sungai yang terus tergerus derasnya aliran air.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, angin kencang juga sempat terjadi di kawasan Kecamatan Kasihan, Bantul, benerapa waktu lalu. Akibatnya, sejumlah rumah warga rusak dan parkir semi permanen di kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta juga ambruk.
 
"Khusus longsor, ada 15 desa yang perlu diwaspadai. 15 desa itu berada di enam kecamatan; Dlingo, Imogiri, Pajangan, Piyungan, Pleret, dan Pundong," jelasnya.
 
Dwi menambahkan, peningkatan kesiapsiagaan juga dilakukan untuk menghadapi puncak musim hujan yang diprediksi berlangsung hingga Februari mendatang. Salah satu yang dilakukan yakni peningkatan kemampuan relawan yang tergabung dalam Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) di Bantul.
 
Ketua FPRB Bantul, Heri Ruswanto mengatakan relawan di organisasinya yang ada di hampir setiap desa telah menyiapkan antisipasi jika terjadi bencana. Ia menyebut, ada 40 posko yang didirikan untuk mengantisipasi banjir sewaktu-waktu.
 
"Poskonya ada di desa-desa yang rawan banjir, seperti Banguntapan, Kasihan, dan Tirtonirmolo. Tiap posko setidaknya ada 15 hingga 20 relawan," ungkap Heri.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif