Tim gabungan membantu penanganan korban banjir pasang di Kampung Tanjung, Mentok. (ANTARA/ Donatus Dasapurna)
Tim gabungan membantu penanganan korban banjir pasang di Kampung Tanjung, Mentok. (ANTARA/ Donatus Dasapurna)

116 Rumah di Kabupaten Bangka Barat Terdampak Banjir Rob

Nasional banjir Bencana Banjir banjir rob Bangka Belitung
Antara • 08 Desember 2021 13:43
Bangka: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung mencatat sebanyak 116 rumah warga di Kecamatan mentok terendam Banjir. Banir diakibatkan air pasang yang terjadi pada Rabu, 8 Desember 2021.
 
"Sebanyak 116 rumah warga tersebut tersebar di dua kampung, yaitu di Kampung Tanjunglaut dan Kampung Ulu, Kelurahan Tanjung yang tergenang air mulai sekitar pukul 09.00 WIB," kata Kepala BPBD Kabupaten Bangka Barat Achmad Nursyandi di Mentok, Rabu, 8 Desember 2021.
 
Ia menjelaskan, dua lokasi itu sering terjadi banjir pasang karena berada di wilayah dekat pantai. Pada saat terjadi hujan lebat yang berlangsung lama berbarengan dengan meningkatnya pasang air laut maka air menggenangi rumah warga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tadi sekitar pukul 09.00 WIB, air laut mulai naik dan masuk ke rumah-rumah warga, dan saat ini masih berlangsung," katanya.
 
Baca: 902 Rumah Warga Daerah Pesisir Bangka Belitung Terdampak Banjir Rob
 
BPBD Bangka barat bersama tim gabungan telah melakukan pemantauan di lokasi, melakukan tindakan evakuasi sekaligus pendataan warga terdampak.
 
"Mulai sekitar pukul 08.00 WIB kami bersama TRC BPBD Babel sudah ada di lokasi dan menjalankan berbagai persiapan penanganan dan membantu mengevakuasi barang-barang berharga milik warga yang terdampak banjir pasang," katanya.
 
Sampai saat ini sebanyak 116 rumah warga masih tergenang air dan 348 orang warga terdampak dari peristiwa tersebut. Ia mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan untuk menghindari timbulnya korban jiwa.
 
Rata-rata ketinggian air sekitar 60 sentimeter hingga satu meter. Saat ini tim gabungan yang terdiri dari TRC BPBD Babel, Satuan Polair Polres Bangka Barat, Pos TNI AL Mentok, Pos SAR Mentok dan aparat pemerintah setempat masih berada di lokasi untuk penanganan.

 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif